Saber Pungli sebagai Upaya Menjaga Kelestarian dan Keasrian Lingkungan

Posted by Admin

Oktober 25, 2022

Proses pembersihan pantai dari sampah

Semarang, 23 Oktober 2022 – Untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa FISIP Undip terhadap alam dan isu lingkungan yang ada, Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip kembali mengadakan Sapu Bersih, Pungut, agar Lingkungan Asri atau dapat disingkat dengan Saber Pungli. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 yang dilaksanakan di Pantai Tirang, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saber Pungli adalah program kerja yang telah dijalankan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip sejak dua tahun terakhir. Terdapat beberapa tujuan dari Saber Pungli yang dipaparkan oleh Tika Tri Hartatik selaku ketua pelaksana Saber Pungli tahun ini, yaitu antara lain menciptakan lingkungan pantai yang nyaman, hijau dan bersih dari sampah; mendukung upaya peningkatan potensi pantai sebagai destinasi wisata; serta merupakan salah satu perwujudan tanggung jawab Bidang Pengabdian Masyarakat dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan.

Proses penanaman cemara laut

Pantai Tirang dipilih sebagai tempat untuk mengadakan Saber Pungli karena merupakan salah satu pantai di Semarang yang masih butuh perhatian lebih terkait kebersihan lingkungan terutama untuk permasalahan sampahnya. Tahun ini Saber Pungli sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Selain pembersihan pantai, kegiatan tanam cemara laut juga dilaksanakan di pesisir pantainya. Menanam cemara laut ini bertujuan untuk memulai proses penghijauan di zona hijau Pantai Tirang yang terbilang masih kurang.

Program ini dijalankan dengan maksud ingin berkontribusi untuk ikut menciptakan iklim pantai yang nyaman, tidak gersang, sekaligus bersih dari sampah. Sehingga nanti pada akhirnya, upaya-upaya yang dilakukan ini diharapkan dapat mendukung dan mengembangkan potensi Pantai Tirang sebagai destinasi wisata.

Saber Pungli sukses dilaksanakan melalui persiapan kurang lebih satu bulan, mulai dari mengurus proposal, pengajuan surat-surat kerjasama dan perizinan, hingga persiapan-persiapan lainnya. Pengajuan proposal yang dilakukan ke beberapa instansi, berhasil menggandeng Dinas ESDM Jawa Tengah dan mendapatkan support berupa pendanaan untuk kelancaran program Saber Pungli. Tidak sendirian, Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang untuk pengadaan bibit cemara laut  serta peminjaman truk untuk pengangkutan sampah.

Sesi partisipan foto bersama

Partisipan yang hadir pada kegiatan Saber Pungli di hari Sabtu lalu tidak hanya berasal dari Forum Lingkar Pengabdian Masyarakat saja, tetapi juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa FISIP Undip dari anggota BEM lainnya beserta perwakilan dari tiap jurusan. Tika menyatakan, untuk kegiatan Saber Pungli maupun kegiatan lain selanjutnya diharapkan dapat lebih terbuka untuk umum agar lebih banyak partisipan yang ikut serta dalam kegiatan positif ini dan merasakan manfaatnya.

Menurut Tika, kegiatan semacam ini penting untuk mahasiswa atau generasi muda yang memiliki tanggung jawab untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga, dengan adanya Saber Pungli ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian sesama terkait permasalahan lingkungan yang ada dan berupaya membantu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Syifa Raihana by Humas BEM FISIP Undip 2022

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar