Kembali Luring Pasca Pandemi, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Berlangsung Sukses

Posted by Admin

Agustus 26, 2022

Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik saat melaksanakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru

Semarang – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB merupakan sarana untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, PKKMB FISIP  Universitas Diponegoro (Undip) tahun ini dilaksanakan secara luring.

Adapun tema yang diusung pada PKKMB FISIP Undip tahun ini ialah  Socio-culture enhancement yang bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa baru FISIP yang memiliki kepedulian tinggi dalam menegakkan atau merevitalisasi kembali peran-peran mahasiswa, khususnya pada bidang sosial dan budaya yang sebelumnya mengalami keterbatasan akibat adanya pandemi Covid-19.

Kegiatan PKKMB FISIP Undip digelar pada Senin (15/8) mulai  pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 1.053 mahasiswa dari jenjang S1. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, diteruskan dengan sambutan oleh Wakil Dekan FISIP Undip, Dr. Teguh Yuwono M.Pol.Admin. Pak Teguh menyampaikan sambutan  pembukaan dan pernyataan penerimaan secara resmi. Selain itu, Pak Teguh pun mengenalkan pejabat struktural Fakultas, Departemen, dan Program Studi.

 

Wakil Dekan I FISIP Undip, Dr. Teguh Yuwono M.Pol.Admin, saat memberikan sambutan

Di tengah maraknya fenomena perpeloncoan, salah satu hal yang ingin ditekankan dalam PKKMB FISIP Undip 2022 ini adalah FISIP yang anti dengan perpeloncoan seperti yang dinyatakan oleh Abednego Briantama selaku Ketua BEM FISIP Undip 2022.

“FISIP merupakan kampus akademis nan berintelek, menolak keras segala bentuk perpeloncoan. Ingatlah selalu kawan-kawan, saat ini kalian telah resmi menjadi individu merdeka melalui title ‘mahasiswa’ yang telah tersemat. Namun, kemerdekaan ini menjadi dua mata pisau bagi kawan-kawan, apakah akan diaktualisasikan dalam wujud kebermanfaatan atau terjerembab dalam muara penyesalan. Ingatlah selalu, rumah jingga besar di belakang ini dan bumi Tembalang akan menjadi wadah untuk bertumbuh dan mengeksplorasi diri kearah kebermanfaatan,” ujar Abednego Briantama.

Rangkaian PKKMB FISIP tahun ini tentu dikonsepkan secara berbeda dibandingkan tahun lalu. Berbeda dengan 2020 dan 2021, PKKMB FISIP 2022 ditutup dengan kegiatan Orientasi Diponegoro Muda FISIP Undip. Orientasi Diponegoro Muda atau yang biasa dikenal dengan sebutan “ODM” kembali memeriahkan rangkaian PKKMB FISIP tahun ini.

Pihak FISIP UNDIP menyebutkan, ODM FISIP Undip sendiri merupakan sarana untuk menanamkan nilai Adaptif, Loyalitas, serta Implementatif bagi para mahasiswa baru.

Pada kegiatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan seputar kehidupan kampus Universitas Diponegoro sebagai langkah awal untuk memulai mencari atau mendalami potensi di dalam dirinya untuk dijadikan sumber aktualisasi diri dan mengembangkan karakter diri yang positif.

“Perasaan gembira campur gelisah dirasakan bukan dari mahasiswa baru saja, melainkan juga seluruh panitia dan mahasiswa lama yang terjun kembali ke dunia pembelajaran secara luring. Walaupun ODM FISIP merupakan penutup dari rangkaian acara PKKMB dan Pendikar, harapannya ODM FISIP ini dapat menjadi pembuka yang baik bagi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya di FISIP Undip,” ungkap Zayn Delisha selaku Ketua ODM FISIP Undip 2022.

Kegiatan ini dapat terlaksana dan berjalan dengan sukses berkat kerja sama antara para mahasiswa/i baru Universitas Diponegoro dengan para pengurus. Adanya Orientasi Diponegoro Muda FISIP Undip diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pihak.

Karina Octavia dan Siti Neisya Rahma Isyak by Humas BEM FISIP Undip 2022

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar