Kalender Pendaftaran & Biaya

Kalender Pendaftaran Semester Genap Gelombang 1

Pendaftaran Online : 18 September - 16 November 2020
Ujian Seleksi : 22 November 2020
Pengumuman : 27 November 2020

Biaya Pendaftaran

  • Pendaftaran Magister dan Profesi Rp. 750.000, (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Pendaftaran Doktor Rp. 1.000.000, (Satu Juta Rupiah)

 

Tata Cara Mendaftar

  1. Peserta menyiapkan dokumen ijazah, transkrip dan berkas lain dalam format pdf
  2. Peserta membuat akun menggunakan email KLIK DISINI
  3. Peserta mengisikan data diri dan upload dokumen dalam format pdf
  4. Membayar biaya pendaftaran menggunakan BILLKEY/KODE BAYAR yang diperoleh saat daftar online pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) KLIK DISINI
  5. Peserta melakukan cetak kartu ujian
  6. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan FC ijazah/ijazah asli dan Transkrip yang dilegalisir (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian)

Tata Cara Pembayaran

a. Melalui internet banking bank Mandiri :

  1. Lakukan log ini pada aplikasi mandiri online atau akses websitw di www.bankmandiri.co.id dengan user id dan password mandiri online saudara
  2. Pada menu utama pilih menu BAYAR kemudin pilih menu PENDIDIKAN
  3. Pada field DARI REKENING , pilih rekening saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi
  4. Pada field PENYEDIA JASA pilih UNIVERSITAS DIPONEGORO - 10004
  5. Pada field NIM isi dengan PIN Pendaftaran
  6. Kemudian klik lanjutkan, layar akan menampilkan jumlah yang harus di bayar
  7. Kemudian cantumkan tanda (v) di total pembayaran
  8. Jika data telah sesui klik Lanjutkan
  9. Masukkan PIN Mandiri 6 digit (untuk transaksi via aplikasi) dan PIN Mandiri 6 digit yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik KIRIM
  10. Tunggu respon dari system Mandiri Online untuk status transaksi

b. Melalui internet banking Bank BNI :

  1. Akses ke situs Bank BNI melalui www.bni.co.id. Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User ID dan Password.
    1. Pilih Menu Transaksi
    2. Pembelian/Pembayaran
    3. Pembayaran Tagihan
    4. Biaya Pendidikan.
  2. Pengisian Data sebagai berikut :
    1. Pilih jenis layanan dari dropdown Tipe Layanan.
    2. Pilih nama perguruan tinggi di dropdown Perguruan Tinggi.
    3. Masukkan nomor tagihan yang didapat ke kolom Nomor Tagihan.
    4. Pilih nomor rekening yang akan digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet.
    5. Klik Lanjutkan.
  3. Akan muncul Layar Konfirmasi.
    1. Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
  4. Input Nomor Respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI, lalu klik bayar.
  5. Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar Konfirmasi seperti di atas.
  6. Selanjutnya simpan bukti pembayaran dengan memilih format file yang akan di cetak.
  7. Lalu klik icon untuk mengunduh bukti pembayaran atau dengan mencetak halaman dengan meng-klik icon printer seperti gambar di atas.

c. Pembayaran lewat ATM dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

  1. Pilih Menu Bayar /Beli
  2. Pendidikan
  3. Masukkan kode perusahaan UNDIP, yaitu 10004,kemudian tekan benar
  4. Masukan No PIN Pendaftaran
  5. Tekan tombol benar
  6. Layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar,kemudian tekan 1 jika ingin melakukan pembayaran
  7. Untuk melakukan pembayaran tekan Ya, untuk membatalkan pembayaran tekan TIDAK
  8. Transaksi telah selesai. Data pembayaran akan otomatis tercetak pada resi / struk.Harap resi ini dicopy dan disimpan jika diperlukan dikemudian hari.

 

  1. Pilih menu ‘Pembayaran’
  2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih ‘Student Payment Center’
  3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode
  4. Tekan tombol ‘BENAR’.
  5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.
  6. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
  7. Transaksi telah selesai. Cek selengkapnya untuk pembayaran BNI

Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI’46 / BTN / Mandiri / BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM UNDIP. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank.

Peringatan Penting: Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa melalui teller.

Daftar Program Studi

PROGAM DOKTOR

  1. Doktor Administrasi Publik
  2. Doktor Ilmu Sosial

 

PROGRAM MAGISTER

  1. Magister Administrasi Bisnis
  2. Magister Administrasi Publik
  3. Magister Ilmu Komunikasi
  4. Magister Ilmu Politik

 

Persyaratan Program Doktor

  • Lulusan Perguruan tinggi terakreditasi
  • Ijazah dan transkrip S1 dan S2 terakreditasi B (lulusan LN ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
  • Surat izin dari lembaga/instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja (format sdh disediakan)
  • Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan)

 

Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi

Doktor Administrasi Publik

  • Foto copy ijazah S1 dan S2 beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir (lulusan LN ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
  • Daftar riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
  • Surat izin dari lembaga/instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja
  • Lulusan: S2 berbagai program studi yang terakreditasi min B dgn IPK min. 3,0
  • Rekomendasi Akademik dari guru besar/Doktor (minimal 2 orang)
  • Pra usulan penelitian (rangkap 4)

 

Doktor Ilmu Sosial

  • Lulusan :Program studi setingkat Magister (S2) dari lembaga yang terakreditasi, dengan IPK minimal 3 (skala 1-4) dibuktikan dengan transkrip akademik yang dilegalisir
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (Pribadi/Instansi/Sponsor) diatas kertas bermaterai
  • Menerahkan proposal riset untuk disertasi minimal 3 halaman, yang mencakup latar belakang, pokok permasalahan yang mau diteliti, dan metode penelitian
  • Rekomendasi dari dosen senior dimana dia pernah studi atau pihak lain yang dapat memberi acuan bagi calon mahasiswa
  • Pasphoto berwarna : 3 x 4 cm ( 4lbr) dan 4 x 6 cm (4 lbr)

 

 

Persyaratan Program Magister

  • Lulusan Sarjana Strata 1
  • IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0)
  • Ijazah dan transkrip
  • Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/atasan langsung dg kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan)
  • Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan)
  • Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan)
  • Proyeksi/Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil

 

Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi

Magister Administrasi Publik

  • Lulusan Sarjana dari berbagai disiplin ilmu
  • Pas foto 3×4 dan 4×6 masing-masing 2 lembar

 

Magister Ilmu Komunikasi

  • Lulusan Semua bidang ilmu
  • Surat keterangan akreditasi dari universitas asal
  • Pas foto warna 3×4 (3 lbr) & 4×6 (2 lbr)
  • Foto dalam bentuk CD
  • Fotocopy KTP/SIM

 

Magister Ilmu Politik

  • Lulusan : Semua Disiplin Ilmu
  • Memiliki IPK Minimal 2,5
  • Pas Foto berwarna 3×4 (2 lbr) dan 4×6 (2 lbr)

 

Materi Ujian

  1. Tes Potensi Akademik (TPA),
  2. Tes Bahasa Inggris,
  3. Tes Substansi Keilmuan (berupa wawancara/tes tertulis prodi)

Biaya Pendidikan

Kontak Program Studi

Doktor Administrasi Publik

Jl. Erlangga Barat 7 No. 35
Semarang Indonesia

Telp. : +62 24 8451567 / 081393716747
Email : prodidap@gmail.com
Website : https://dap.undip.ac.id

 

Doktor Ilmu Sosial

Jl. Erlangga Barat 7 No. 31
Semarang – 50241

Telp : 024-76440009
Email : prodi.dis@gmail.com
Website : http://dis.undip.ac.id

 

Magister Administrasi Bisnis

Gedung A Lantai 2 FISIP Undip Kampus Tembalang
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang
Telp.Fax 024 7465407
Email: mabis@live.undip.ac.id
Website : https://mabis.fisip.undip.ac.id

Narahubung : Dr. Widiartanto (08156504389); Dr. Reni Shinta Dewi (08122921641)

 

Magister Administrasi Publik

Gd. Pascasarjana A Undip Lt. 2
Jl. Imam Bardjo, SH, No. 3-5
Semarang

Telp. : 024-8452791
Email : promap15@gmail.com
Website : http://map.fisip.undip.ac.id

 

Magister Ilmu Komunikasi

Jl. Erlangga Barat 7 No. 33
Semarang – 50241

Telp : 024-8446986
Email : magisterilmukomunikasi@gmail.com
Website : https://mikom.undip.ac.id

 

Magister Ilmu Politik

Jl. Imam Bardjo, SH, No. 1
Semarang

Telp. : 024-8445464
Email : magisterpolitik@yahoo.co.id
Website : https://mip.undip.ac.id

 

Persyaratan Promotor dan Co-Promotor

 

  • Bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika):
    • Promotor   : h-index minimal 5, Lektor Kepala
    • Co-Promotor   : h-index minimal 3, Lektor
  • Bidang Sosial Ekonomi Humanoria:
    • Promotor   : h-index minimal 2, Lektor Kepala
    • Co-Promotor   : h-index minimal 1, Lektor

 

Persyaratan Calon Mahasiswa

  • Lulusan S1 Universitas Diponegoro;
  • IPK ≥ 3,25;
  • TOEFL ≥ 500;
  • Masa Studi Maksimum 4,5 tahun.

Pendaftaran

  • Pendaftaran dimulai pada 20 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020;
  • Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Proses seleksi administrasi tanggal 7 Januari 2020;
  • Paparan Proposal dan Verifikasi Calon Mahasiswa tanggal 8 Januari 2020;
  • Pengumuman hasil seleksi tanggal 10 Januari 2020.

Pembiayaan Program PMDSU-UNDIP

Maksimum anggaran yang diajukan 150 Juta/tahun*, meliputi: Biaya pendidikan/tuition fee (at cost), biaya hidup/living cost (fixed cost), dan biaya penelitian dan pencapaian luaran. (*tahun pertama dapat mengajukan anggaran maksimum 180 juta/tahun termasuk untuk pembayaran SPI).

Helpdesk UM Undip

Telepon  : 08112-883-688
SMS  : 0812-2561-1333
Whatsapp  : 0812-2561-1333
Faks  : (024) 7460033
e-mail  : um@live.undip.ac.id

 

300-101   400-101   300-320   300-070   300-206   200-310   300-135   300-208   810-403   400-050   640-916   642-997   300-209   400-201   200-355   352-001   642-999   350-080   MB2-712   400-051   C2150-606   1Z0-434   1Z0-146   C2090-919   C9560-655   642-64   100-101   CQE   CSSLP   200-125   210-060   210-065   210-260   220-801   220-802   220-901   220-902   2V0-620   2V0-621   2V0-621D   300-075   300-115   AWS-SYSOPS   640-692   640-911   1Z0-144   1z0-434   1Z0-803   1Z0-804   000-089   000-105   70-246   70-270   70-346   70-347   70-410  

TOP