Penelitian Dosen Undip Ungkap Pentingnya Optimalisasi RT/RW dalam Penanganan COVID-19 di Tembalang

Posted by Admin

September 26, 2024

Semarang — Jurnal Penelitian yang dibuat oleh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro yang berjudul Optimization of The Performance of RT/RW in Breaking the Chain of The Spread of Covid-19 in Tembalang District, Semarang City mengungkap peran krusial RT/RW dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kecamatan Tembalang, salah satu wilayah dengan tingkat infeksi tertinggi di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan oleh Dra. Nina Widowati, M.Si., dosen Departemen Administrasi Publik Universitas Diponegoro.

Dalam penelitian ini, Dra. Nina Widowati, M.Si mengungkap bahwa meskipun RT/RW telah melakukan berbagai langkah seperti edukasi, komunikasi daring, pelaporan warga yang terinfeksi, serta inisiatif “Jogo Tonggo”, tingkat infeksi di Tembalang tetap tinggi. Ini menunjukkan bahwa peran RT/RW, meskipun signifikan, masih memerlukan optimalisasi lebih lanjut untuk benar-benar efektif dalam menekan penyebaran virus.

RT/RW di Tembalang telah berupaya keras dalam mendukung warga, terutama yang sedang melakukan isolasi mandiri. Namun, penelitian ini menekankan bahwa masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam hal pengawasan mobilitas warga dan sosialisasi perilaku baru untuk menghadapi pandemi. Dengan potensi besar yang dimiliki RT/RW sebagai garda terdepan di komunitas, optimalisasi peran mereka diharapkan dapat memberikan dampak lebih signifikan dalam penanganan pandemi di tingkat lokal.

Sumber: Widowati, N., & Maesaroh, M. (2022, September). Optimization of The Performance of RT/RW in Breaking the Chain of The Spread of Covid-19 in Tembalang District, Semarang City. In Proceedings of the 6th International Conference on Social and Political Enquiries, ICISPE 2021, 14-15 September 2021, Semarang, Indonesia.

Dra. Nina Widowati, M.Si, yang mengajar mata kuliah Komunikasi Organisasi Publik di Program Studi S1 Administrasi Publik Universitas Diponegoro, berharap hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk lebih memberdayakan RT/RW dalam memerangi COVID-19. Optimalisasi ini diharapkan dapat memperkuat upaya bersama dalam menekan penyebaran virus dan melindungi kesehatan masyarakat.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar