Penguatan Mental Mahasiswa dan Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus FISIP Undip: Membangun Lingkungan Kampus yang Sehat dan Aman

Posted by Admin

Juni 25, 2024

Semarang (24/06) – Kesehatan mental dan pencegahan kekerasan seksual merupakan dua aspek krusial yang sangat penting untuk diperhatikan di lingkungan kampus, termasuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip). Dalam rangka mendukung terciptanya lingkungan kampus yang sehat dan aman bagi seluruh civitas academica, FISIP Wellness Unit (FWU) telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan mental mahasiswa serta mencegah terjadinya kekerasan seksual di kampus.

Pada hari Senin, 24 Juni 2024, FWU mengadakan Workshop Penguatan Mental Mahasiswa dan Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus FISIP Undip yang berlangsung di ruang B.103 Kampus FISIP Undip. Kegiatan ini mengundang anggota Badan Konseling Mahasiswa Fakultas (BKMF), Peer Counsellors, anggota FWU serta tim Kampus Sehat untuk turut berpartisipasi. Narasumber dalam workshop ini adalah Ibu Irnida Terana, M.Psi., Psikolog, yang telah bermitra dengan FWU sejak tahun lalu dalam penyediaan layanan konseling maupun kegiatan pelatihan. Dalam materinya, Irnida menjelaskan beberapa hal terkait kesehatan mental/kesehatan jiwa, Pertolongan Pertama Psikologis, Kekerasan Seksual pada Remaja, serta langkah penanganannya. Peserta workshop juga diajak untuk berperan aktif dalam sesi role play di mana mereka diberikan contoh kasus dan diminta untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Sebelumnya, FWU juga telah mengadakan Pelatihan Peer Counsellor Pencegahan dan Penanganan Permasalahan Kesehatan Mental dan Kekerasan Seksual di Kampus yang melibatkan mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan FISIP Undip sebagai upaya untuk memastikan adanya dukungan yang merata terhadap seluruh civitas academica. Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan kampus yang lebih peduli, tanggap, dan responsif terhadap isu-isu kesehatan mental dan kekerasan seksual, sehingga mahasiswa dapat belajar dan berkembang dalam suasana yang aman dan mendukung.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar