Program Summer Course 2024 FISIP Undip: Mengasah Kemampuan Analisis Data Kuantitatif untuk Ilmu Sosial

Posted by Admin

Juni 21, 2024

Semarang (20/06) – Pemahaman dan penerapan metode serta analisis kuantitatif merupakan aspek krusial dalam cabang ilmu sosial non-ekonomi, seperti ilmu politik, komunikasi, administrasi publik, administrasi bisnis dan hubungan internasional. Dengan kemampuan analisis data kuantitatif yang kuat, peneliti dapat menghasilkan penelitian yang lebih akurat, valid, dan relevan dalam menjawab berbagai tantangan sosial yang kompleks. Mengingat pentingnya hal ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Program Summer Course 2024 yang bertajuk “Pengantar Analisis Data Kuantitatif untuk Ilmu Sosial”. Program ini adalah program intensif selama lima hari yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan penting dalam menganalisis data kuantitatif dalam konteks disiplin ilmu sosial.

Kegiatan Summer Course 2024 FISIP Undip ini diselenggarakan secara daring sejak Kamis, 20 Juni 2024 dan akan berakhir pada Selasa, 25 Juni 2024. Program ini turut mengundang sembilan narasumber dari dalam maupun luar negeri. Dalam pembukaan program Summer Course 2024 FISIP Undip pada Kamis, 20 Juni 2024, Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol. Admin, menyambut seluruh peserta dan pembicara dalam program tersebut. Beliau berharap program ini dapat bermanfaat bagi para peserta yang mengikuti program Summer Course 2024, dan beliau berharap mereka dapat meningkatkan pengetahuan melalui program ini dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Kursus ini menawarkan pengenalan komprehensif terhadap teknik dan alat statistik yang umum dalam penelitian ilmu sosial, mulai dari pengumpulan data hingga interpretasi. Dirancang untuk mahasiswa sarjana, program ini juga terbuka bagi mahasiswa pascasarjana, peneliti, dan profesional dalam disiplin FISIP. Fokus utama program ini adalah penggunaan studi data panel makro, dengan pembicara memberikan kuliah berdasarkan penelitian mereka yang telah dipublikasikan, memberikan pengalaman langsung kepada peserta.

Dengan adanya program ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan keterampilan analitis mereka dan mampu menerapkan pengetahuan tersebut dalam penelitian mereka masing-masing, sehingga mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ilmu sosial dan masyarakat secara keseluruhan.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar