Pentingnya Upaya Internasionalisasi: Kunjungan Tim Fisipol UMY ke FISIP Undip untuk Studi Banding Akreditasi Internasional

Posted by Admin

Mei 15, 2024

Semarang (08/05) – Kegiatan internasionalisasi pendidikan terus menjadi fokus utama universitas-universitas di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kunjungan Tim Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan studi banding dalam rangka menghadapi asesmen akreditasi internasional oleh FIBAA. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di ruang Sidang Senat Gedung A Lantai 1 kampus FISIP Undip Tembalang.

Rombongan dari FISIPOL UMY yang dipimpin langsung oleh Dekan FISIPOL UMY, Dr. Takdir Ali Mukti, S.Sos., M.Si, disambut dengan hangat oleh Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, beserta Wakil Dekan Sumber Daya, Ika Riswanti Putranti, S.H., M.H., Ph.D., Manajer, dan Para Supervisor di lingkungan FISIP Undip, serta pengelola program studi. Dalam sambutannya, Dr. Teguh Yuwono mengungkapkan keberhasilan FISIP Undip yang telah memiliki 8 program studi yang terakreditasi internasional oleh FIBAA. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan FISIP Undip, tetapi juga turut berkontribusi pada peringkat Undip dalam hal internasionalisasi yang telah mencapai peringkat 3 besar.

Lebih lanjut, Dekan FISIPOL UMY, Dr. Takdir Ali Mukti, menyampaikan maksud kedatangan timnya ke FISIP Undip adalah untuk mempelajari dan menyerap pengalaman FISIP Undip dalam menghadapi asesmen akreditasi internasional oleh FIBAA. Tahun ini, FISIPOL UMY berencana untuk menjalani asesmen akreditasi internasional oleh FIBAA untuk dua program studi, yaitu S1 Hubungan Internasional dan S1 Ilmu Pemerintahan. Harapannya, kerja sama antara kedua universitas ini akan memberikan manfaat yang besar dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang ilmu sosial dan ilmu politik.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran pengalaman antar lembaga pendidikan tinggi, tetapi juga menjadi momentum penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara global. Dengan dukungan dan kerjasama yang terjalin erat antara FISIP Undip dan FISIPOL UMY, diharapkan kedua universitas ini dapat terus mengukir prestasi dalam bidang pendidikan tinggi di masa depan.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar