Membangun Kesiapsiagaan Fisik dan Mental: Pelatihan Basic First Aid di FISIP Undip

Posted by Admin

Maret 26, 2024

Semarang (25/03) – Dalam era yang semakin kompleks dan menuntut, pentingnya kesehatan mental tidak bisa diabaikan. Kesehatan mental yang baik tidak hanya mencakup kemampuan untuk mengatasi tekanan dan stres, tetapi juga memengaruhi kesiapsiagaan dalam memberikan pertolongan pertama dalam situasi darurat. Oleh karena itu, Pelatihan Basic First Aid yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) tidak hanya memperkuat keterampilan fisik, tetapi juga memberikan penekanan pada pentingnya kesehatan mental bagi seluruh peserta.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 di ruang Auditorium FISIP Undip tersebut diselenggarakan atas inisiasi dari Unit Kampus Sehat dan Wellness FISIP Undip yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) dari lima prodi di FISIP Undip, tenaga kependidikan dan personel PMI Kota Semarang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Sumber Daya FISIP Undip, Ika Riswanti Putranti, S.H., M.H., Ph.D. Dalam sambutannya, Ibu Ika Riswanti menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di FISIP Undip. Beliau juga menyampaikan harapannnya untuk mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang, mengingat pertambahan mahasiswa baru dari waktu ke waktu.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua FISIP Wellness Unit, Dr. Hapsari Dwiningtyas, S.Sos, M.Si, M.A., dan Ketua Kampus Sehat FISIP Undip, Anis Qomariah, S.A.B., M.Ling. Mereka turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam memberikan pertolongan pertama.

Pelatihan Basic First Aid ini didampingi oleh tiga personel PMI Kota Semarang, yaitu Pak Danang, Pak Rafi, dan Pak Rohman. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini tidak hanya fokus pada teknik pertolongan pertama, tetapi juga menekankan pentingnya memberikan rasa nyaman pada korban. Hal ini sejalan dengan tujuan utama pertolongan pertama, yaitu untuk menyelamatkan jiwa dan mencegah cacat, serta membangun kepercayaan korban terhadap penolongnya.

Dalam penjelasannya, Ketua FWU FISIP Undip, Dr. Hapsari, mengungkapkan bahwa program ini juga merupakan bagian dari upaya FISIP Undip untuk meningkatkan kesehatan mental mahasiswa. “Nantinya ada peer counselor yang merupakan mahasiswa yang membantu dalam masalah kesehatan mental dan kekerasan seksual,” ujarnya.

Dengan demikian, program FWU FISIP Undip akan meliputi pelatihan untuk kesehatan fisik dan mental, yang diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini sebagai wujud nyata dari komitmen FISIP Undip dalam menjaga kesejahteraan mahasiswanya, baik secara fisik maupun mental.

Kegiatan Pelatihan Basic First Aid ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta, serta menjadi langkah awal dalam memperkuat kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai situasi darurat di lingkungan kampus maupun masyarakat umum.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar