Aliya Najiha Putri Mahasiswi Ilkom FISIP UNDIP Beruntung Ikut Volunteering Saat Student Exchange di University of Pecs Hungaria

Posted by Admin

Maret 19, 2024

Semarang (18/03) – Mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh dunia seringkali memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar sebagai bagian dari pengalaman belajar mereka. Di tengah era globalisasi ini, peluang untuk memperluas wawasan budaya, bahasa, dan ilmu pengetahuan semakin terbuka lebar. Salah satu contoh menarik datang dari seorang mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang baru-baru ini mengambil bagian dalam program pertukaran pelajar di University of Pecs, Hungaria.

Mahasiswi tersebut bernama Aliya Najiha Putri atau kerap disapa Jiha adalah mahasiswa Angkatan 2021 dari Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP telah mengikuti program Pertukaran Pelajar / Student Exchange selama satu semester di University of Pecs, Hungaria. Keberhasilan Student Exchange yang diterima oleh Jiha ini tak terlepas dari doa dan dukungan dari keluarga beserta dosen.

“Salah satu pengalaman yang aku dapatkan saat Exchange di Hungaria adalah melakukan Volunteering (Aktivitas Sosial) di mata Kuliah Lifestyle in Contemporary Hungarian Society, ini sangat berguna dan very eye-opening for me (membukakan mataku) karena aku bisa melihat bagaimana Social Welfare (Panti Asuhan) di Hungaria bisa bertahan hanya dengan donasi dari Masyarakat Budapest, Hungaria ”, ujar Jiha.

Selain itu, Jiha mendapatkan handbook yang berisikan bagaimana sejarah Social Welfare tersebut bisa terbentuk. Jiha bersama dengan teman-temannya juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi suatu Kindergarten atau Taman Kanak-Kanak (TK) di Hungaria. Kindergarten adalah tempat bebas yang diperuntukkan untuk anak anak, atau umumnya tenaga relawan asing yang tinggal di Budapest, Hungaria.

Sumber Foto: Instagram @aliynaj

Jiha merasa berkesan dengan pengalaman tersebut sebab Jiha saat ini lebih sadar akan berbagai masalah sosial yang ada, namun juga mengajarkan Jiha mengenai pentingnya perawatan atau maintenance terhadap Panti Asuhan yang membutuhkan. Setelah itu, Jiha juga berkesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada Tenaga Didik di Hungaria dengan Jiha memberikan cara mengenakan Ulos kepada dosennya sewaktu di Hungaria. Jiha merasa bahagia dan sangat beruntung dengan pengalamannya sewaktu Student Exchange di Hungaria.

Pengalaman yang dilakukan oleh Jiha yang pernah melakukan Study Exchange ke University of Pecs, Hungaria bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin melakukan Student Exchange untuk masuk ke Program IUP. Program IUP atau lebih dikenal dengan International Undergraduate Program adalah program yang diprioritaskan kepada satu kelas dimana untuk sehari hari menggunakan Bahasa pengantar, Bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan alumni lulusan yang diharapkan bisa bersaing di dunia Internasional.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar