FISIP UNDIP Gelar Forum Debriefing Kepala Perwakilan RI

Posted by Admin

Oktober 23, 2023

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro menyelenggarakan Forum Debriefing Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan tema Peran Perwakilan RI dalam Diplomasi Ekonomi Indonesia, Jumat (20/10) di Ruang Teater Gedung C Fisip Undip Tembalang.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri, Dr. Yayan Ganda Hayat Mulyana menyampaikan Forum Debriefing merupakan wadah bagi Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI dalam menyampaikan pertanggungjawaban publik bagi para perwakilan RI yang telah menyelesaikan masa baktinya sebagai perwakilan RI. Melaui forum ini publik memperoleh informasi langsung mengenai pelaksanaan visi dan misi pemerintah Indonesia, pencapaian, kendala yang dihadapi, dan arah dan strategi yang perlu dikembangkan untuk kedepanyanya.

“Kegiatan hari ini diharapkan dapat menjaring saran dan masukan publik dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kualitas hubungan birateral dan multirateral. Kegiatan ini juga diadakan untuk memperkaya perkembangan perspektif, penguatan rekomendasi kebijakan dengan memperhatikan perkembangan di tingkat lokal dan kajian-kajian yang berorientasi kebijakan di berbagai universitas,” ungkapnya.

Pada kesempatannya Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menuturkan Indonesia tidak hadir sendiri di dalam peta bumi, berbagai negara saling berhubungan dengan Indonesia. Juga negara sahabat ataupun mungkin negara yang belum ada hubungan diplomatik dengan Indonesia.

“Sebagai satu kawan seiring sejalan tentunya perlu sekali kebijakan-kebijakan strategis hubungan Indonesia dengan pihak luar negeri. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk kualitas dari produk alumni Undip khususnya yang berhubungan dengan bidang Hubungan Indonesia. Posisi ini perlu dimanfaatkan oleh Fisip untuk selalu mengembangkan alumni dan mahasiswanya agar memiliki kemampuan yang mencukupi guna menghadapi problem-problem dalam hubungan internasional. Semoga acara ini bermanfaat bagi semua pihak yang berhubungan dengan masalah-masalah ini,” terang Prof Yos.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini Irjen. Pol (Purn). Dr. (HC) Drs. H. M. Amhar Azeth, S.H. M.M. (Duta Besar RI untuk Rumania, merangkap Republik Moldova periode 2018-2023), Acep Somantri (Staf Ahli Bidang Manajemen, Konjen RI Frankfurt periode 2020-2023), Dr. Dra. Hermini Susiatiningsih, M.Si. (Dosen Departemen Hubungan Internasional Fisip Undip) dan Perry B. Pada (Diplomat Ahli Madya, Pusat Strategi Kebijakan Multilateral). (LW/Boby-Humas)

 

Sumber: undip.ac.id

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar