Asti Rifiana (Lulusan Undip): Pendidikan Bekal Menghadapi Persaingan Dunia Kerja

Posted by En_Admin

Februari 13, 2023

Asti Rifiana adalah lulusan dari program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro yang lulus dengan predikat Cumlaude dengan  IPK 4,00 yang turut dilantik pada prosesi upacara Wisuda ke-169 Universitas Diponegoro.

“Selama kuliah di Undip, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran, selain Undip merupakan salah satu  perguruan tinggi terbaik dan favorit di Indonesia, dosennya sangat ramah dan kooperatif. Saya mendapatkan teman-teman baru yang menyenangkan dan saling mensupport”, ungkapnya.

“Saat kuliah,  saya juga bekerja sebagai karyawati  di BPJS Ketenagakerjaan di bidang umum dan SDM cabang Kudus selama kurang lebih 20 tahun dan aktif dalam organisasi BPC Perhumas Semarang. Dari awal masuk sampai akhir kuliah online karena pandemi, saya dan teman-teman seangkatan memanfaatkan waktu seoptimal mungkin melalui kuliah online agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu”, jelasnya.

“Perjalanan karir sebelum bekerja di BPJS, saya bekerja di Solo Pos sebagai reporter, banyak suka duka dalam setiap proses yang saya jalani. Tetapi yang tepenting adalah menikmatinya dengan rasa senang pada setiap profesi yang kita jalani sehingga pekerjaan akan menjadi ringan. Apalagi  dengan basic study saya di Ilmu Komunikasi, hal ini menjadi bagian terpenting karena menujang pekerjaan sehari-hari”, lanjutnya.

Menurut Asti pendidikan dan organisasi sangat penting dan tidak bisa dipisahkan. Pendidikan membuka pemahaman untuk menghadapi masalah atau persoalan di dunia kerja dan masyarakat. Sementara berorganisai akan menempa dan melatih agar dapat mengembangkan potensi, mengasah leadersip dan teamwork.

“Dengan berorganisasi kita bisa memahami bagaimana menghadapi berbagi macam bentuk karater orang dan mencari solusi-solusi dalam menghadapi masalah. Semua itu menjadi bekal berguna di dunia kerja”, pungkasnya. (Lin/Arbi-Humas)

 

Sumber: undip.ac.id

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar