KKN Tematik Pengembangan Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak

Posted by En_Admin

Juni 2, 2022

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Pariwisata berkontribusi besar pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, menciptakan banyak lapangan kerja, dengan demikian dapat mengurangi angka kemiskinan (Kemenparekraf, 2011).

Dalam pembangunan desa, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) memainkan peran penting dalam mengoptimalkan pemanfaatan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat desa. Bumdes “Istambul Karya” merupakan badan usaha milik desa yang berlokasi di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. Bumdes ini mengelola kawasan wisata Pantai Glagahwangi, Kabupaten Demak dalam rangka meningkatkan pendapatannya, sehingga akan berkontribusi pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menilik potensi dan permasalahan yang ada di lokasi tersebut, maka disusunlah program Pengabdian kepada Masyarakat dari Departemen Administrasi Bisnis, yang kemudian ditindaklanjuti dengan melibatkan para mahasiswa dalam multidisiplin ilmu melalui program KKN Tematik Pengembangan Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

Potensi Istambul ekowisata berbasis masyarakat di Pantai Glagah Wangi Desa Tambakbulusan Kabupaten Demak perlu dikembangkan, dan disini melibatkan 40 mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Diponegoro untuk bergabung dan turut serta mengembangkan potensi Istambul Demak. Pendaftaran KKN Tematik telah dilaksanakan pada 25 April – 6 Mei 2022, dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi pada tanggal 12 Mei 2022, Pembekalan KKN Tematik pada tanggal 24 Mei 2022 bertempat di ruang B.203 FISIP UNDIP.

KKN Tematik ini dibagi menjadi 5 tema yaitu Website dan Sosial Media, Kesehatan, Pemetaan (Potensi),  Hukum, dan Kearifan Lokal. Perwakilan dari tim KKN telah melakukan survei pendahuluan ke lokasi di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak pada Kamis, 26 Mei 2022 dengan menemui perangkat terkait.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar