Bukber on the Road – Berbagi Kasih dan Peduli Sesama

Posted by Admin

April 26, 2022

Persiapan Bukber on the Road (Sumber: Febriyanti Permatasari)

Semarang − Di bulan yang penuh berkah ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP kembali mengadakan Bukber on the Road. Rutinitas tahunan yang berlangsung pada Jumat, 15 April 2022 lalu ini dilakukan dengan membagi-bagikan makanan berupa nasi kotak dan takjil untuk masyarakat di daerah Tembalang dan sekitarnya.

Penyelenggaraan acara Bukber on the Road ini dimaksudkan sebagai wadah bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP yang ingin berbagi kasih untuk saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa melalui pemberian makanan untuk berbuka puasa. Pembagian makanan ini dilakukan oleh para relawan, yang tidak lain adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP sendiri, baik yang merupakan anggota himpunan maupun dari luar himpunan. 

Poster Open Donasi Bukber on the Road (Sumber: Grup Line HMPS Ilmu komunikasi 2022 Kabinet Kolaboratif)

Sumber Dana Bukber on the Road

Dana yang digunakan untuk membeli makanan-makanan tersebut diperoleh dari hasil penjualan masker dan open donasi yang dilakukan HMPS Ilmu Komunikasi FISIP Undip. Penjualan masker sendiri dilakukan pada 10-16 Maret 2022 lalu. Sementara itu, open donasi dibagi menjadi dua batch, yang mana batch 1 berlangsung mulai dari 18-28 Maret 2022, sementara batch 2 dimulai pada 1 April 2022 dan berakhir pada 7 April 2022.

Pembagian Nasi Kotak dan Takjil

Bukber on the Road tahun ini berhasil membagikan 74 nasi kotak. Tidak hanya itu, ada pula takjil berupa kolak yang dibagikan kepada masyarakat setempat. Makanan-makanan tersebut khususnya dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, seperti pemulung, tukang becak, pak ogah (pengatur lalu lintas tak resmi), dan tukang parkir. 

Pembagian Makanan kepada Masyarakat Setempat (Sumber: Febriyanti Permatasari)

“Mereka terlihat sangat terbantu dan senang ketika diberikan makanan. Itu terlihat dari bagaimana mereka menerima makanan dengan ekspresi yang sangat bahagia,” ujar Febriyanti Permatasari selaku penanggung jawab acara Bukber on the Road. 

Selama pembagian makanan ini, ada beberapa kelompok lain yang juga sedang berbagi makanan. Oleh karena itu, pihak relawan harus lebih teliti dalam membagikan makanan sehingga tersebar secara merata.

Dukungan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Undip

Sebagai bentuk kegiatan yang bertujuan mulia, Bukber on the Road ini tentunya mendapat banyak dukungan dari pihak Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP Undip. Dukungan yang diberikan berbentuk bantuan untuk share poster, baik itu saat berjualan maupun open donasi. Bahkan, ada pula dari pihak prodi yang ikut membeli dan berdonasi.

Harapan Bukber on the Road ke Depannya

Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar Undip, Bukber on the Road ini tentunya diharapkan tetap dapat menjadi tradisi di HMPS Ilmu Komunikasi FISIP Undip. Tak hanya itu, Bukber on the Road ini kiranya dapat terus menjadi pengingat bagi semua orang untuk senantiasa bersyukur dan berbagi kepada sesama sehingga kedepannya semakin banyak orang yang ingin berpartisipasi dalam acara ini. 

“Semoga Bukber on the Road tahun depan bisa meningkatkan jumlah pembagian makanan daripada sebelumnya, lancar terus acara setiap tahunnya, dan bisa menjadi ladang amal bagi orang-orang di sekitar kita,” sambung Febriyanti.

Reporter: Hikmatul Mufarichah

Penulis: Gisella Previan Laoh

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar