Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Kuliah Dosen Tamu Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP Bahas Dasar-Dasar Kerja Polling dan Opini Publik

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu bertema “Sejarah dan Dasar-Dasar Kerja dan Opini Publik serta Manfaat Keilmuan dan Praktis” bersama Djayadi Hanan Ph.D (Direktur Lembaga Survey Indonesia/Dosen Universitas Paramadina, Jakarta) dan dimoderatori dr. Nunik Retno., S.Sos., M.Si (Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Undip), kamis (19/4).

Dalam materinya Djayadi Hanan menyampaikan opini publik adalah reaksi atau sikap warga terhadap isu-isu dan peristiwa-persitiwa terkini dan spesifik. “Opini publik perlu diketahui, caranya adalah bertanya kepada publik, dengan menanyai seluruh anggota publik atau sensus, menanyai sebagian anggota publik dengan asumsi sebagian anggota publik opininya bisa sama dengan keseluruhan atau sebagian besar anggota publik, atau dengan polling atau survey. Populasi merupakan kumpulan seluruh elemen atau objek yang diperhatikan sedangkan sampel adalah sebagian anggota populasi sebagai landasan untuk menyimpulkan populasi” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk langkah-langkah proses survey yakni menentukan tujuan riset, menentukan populasi target, memilih mode dan desain survey, memilih sampling frame, memilih metode sampling, membuat kuesioner, melakukan pre-tes kuesioner, merekrut responden, melakukan interview, memproses data, menganalisis data, dan membuat laporan. Dalam menjelaskan opini publik perlu diperhatikan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi publik   memiliki opini tertentu dan terdapat tiga teori besar atau penjelasan utama yaitu sosiologis, psikologis, dan rasional atau rationality atau pendekatan ekonomi-politik.

Kekuatan opini publik secara sosiologi, manusia sebagai makhluk sosial tentu akan berhubungan dengan manusia yang lain, baik sebagai pribadi maupun dalam kelompok bersama dengan individu atau kelompok-kelompok lainnya. (Lin-Humas)

Sumber: undip.ac.id/

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar