DWP UNDIP Peduli Covid-19

Posted by FISIP

April 18, 2020

Semarang, 17 April 2020 – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Diponegoro bergerak cepat begitu pandemi Covid-19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai bencana nasional. Ketua DWP Undip, Asih Budiastuti Yos Johan Utama, menggerakkan segenap pengurus DWP untuk menggalang bantuan. Semenjak diumumkan sebagai bencana nasional, setidaknya DWP sudah beberapa kali memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Adapun paket sembako yang dibagikan berupa beras, gula, minyak goreng, ikan kemasan kaleng, telur, mi instan, teh celup dan telur.

Bantuan tahap pertama diserahkan oleh perwakilan Pengurus DWP Undip awal April (4/4/2020) untuk 81 keluarga di RW 06 Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Semarang. Bantuan tahap kedua, diberikan pada Kamis siang, 9 April 2020 kepada 151 mahasiswa Undip yang tinggal di rusunawa Undip.

Bantuan tahap ketiga dan keempat masing-masing diberikan kepada warga Pedurungan dan Tanjung Mas. Sebanyak 65 paket sembako ditujukan kepada warga RW 12 Karanganyar, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Semarang. Bantuan diserahkan pada Sabtu 11 April 2020 diterima langsung oleh Ketua RW 12. Sebanyak 90 paket sembako untuk warga RT05 RW16 Tambak Rejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Bantuan diterima oleh perwakilan RT 05 Ibu Fadilah pada Sabtu, 11 April 2020.

Pada tahap kelima, DWP Undip kembali memberikan bantuan kepada mahasiswa Undip terutama yang indekos, sebanyak 650 paket. Bantuan diserahkan pada Kamis pagi (17/4/2020) oleh perwakilan DPW Undip yaitu Ibu Hunun Handoyo, Ibu Sumbogo, dan Ibu Irma Zulfa kepada Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum. Selanjutnya Rektor Undip secara simbolis menyerahkan bantuan kepada mahasiswa diwakili oleh Ketua BEM Undip Razin Hilmi. Dari 650 mahasiswa penerima bantuan sembako, terdapat 29 mahasiswa asing. Selain sembako, mahasiswa juga menerima bantuan masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali.

“Pemberian sembako dan masker kepada mahasiswa ini tujuannya untuk menopang perekonomian mahasiswa di saat pandemi Covid-19. Bantuan tidak hanya diberikan satu kali saja, rencananya akan ada pemberian bantuan lagi kepada mahasiswa yang kurang mampu,” jelas Rektor Undip yang sekaligus bertindak selaku Penasehat DWP Undip.

Bantuan sembako dua tahap selanjutnya dari DWP Undip akan diserahkan menjelang bulan suci Ramadhan 2020. Bantuan ini rencananya akan diberikan kepada mahasiswa yang tinggal di rusunawa.
“Dan Insya Allah DWP Undip akan memberikan sembako sampai pandemi Covid-19 berakhir dan semoga masih selalu ada yang mau memberikan donasinya melalui DWP Undip”, tutur Ketua DPW Undip, Asih Budiastuti Yos Johan Utama.

Ketua DPW Undip menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Universitas Diponegoro yang selama ini selalu memberikan arahan kepada DWP Undip. Secara khusus Ketua DWP Undip juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Purwanto selaku bendahara DWP Undip yang mengelola bantuan donasi dan kepada ibu Dwi Sasongko yang menangani pembelian bahan-bahan sembako. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga ditujukan kepada seluruh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro atas partisipasinya memberikan bantuan untuk mahasiswa dan warga Kota Semarang. Semoga bantuan yang diberikan membawa manfaat bagi yang menerima dan membawa keberkahan bagi para donatur.

 

sumber : https://www.undip.ac.id

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar