NGD (National Governance Days) – Bandung, 25-29 April 2019

Posted by FISIP

Mei 2, 2019

Tanggal 25-28 April 2019 delegasi National Governance Day dari Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP angkatan 2017 melaksanakan rangkaian acara dalam Kompetisi Kebijakan Publik yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UNPAD yang bertujuan Menjalin kerjasama, bertukar pikiran, memperluas pemahaman, mengasah kekritisan, berpikir demi kemajuan dan perkembangan ilmu pemerintahan serta menyikapi dinamika politik pemerintahan yang terjadi dengan memberikan pemikiran yang solutif, konstruktif, untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan di  Kampus Universitas Padjajaran, Jatinangor, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan berlangsung selama empat hari berturut-turut, yaitu sejak hari Rabu – Sabtu. Hari pertama delegasi melaksanakan kegiatan berupa registrasi ulang, Pembukaan, malam harinya dilanjutkan dengan Technical Meeting. Hari kedua, delegasi melaksanakan kegiatan Seminar Nasional di Bale Santika Unpad, Seminar Nasional merupakan sebuah seminar terbuka dengan tema Optimalisasi Pelaksanaan Demokrasi: Eskalasi Partisipasi Politik Rasional. Sesuai tema NGD 2019, seminar nasional ini hendak mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa, pakar, tokoh nasional maupun regional, budayawan, agamawan, dan pihak-pihak lain untuk membahas Indonesia dengan segala persoalannya agar dapat diuraikan dengan warna-warni gagasan dan semangat. Tak lupa press release dari seminar akan di publish menjadi artikel ilmiah. Hari Ketiga, delegasi melaksanakan presentasi hasil karya inovasi kebijakan. Presentasi ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama presentasi di depan dewan juri dan sesi kedua dilakukan di booth exhibition di hadapan para pengunjung. Kompetisi Inovasi Kebijakan Publik (NGD) ini menghadirkan 16 tim mahasiswa dari seluruh  Universitas di Indonesia untuk dapat menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki oleh tim untuk dapat dijadikan suatu rekomendasi kebijakan oleh pemerintah maupun komunitas. Seluruh tim akan dinilai oleh  empat juri yang ahli dan memahami proses kebijakan publik terutama yang berkaitan dengan tema “Optimalisasi Pelaksanaan Demokrasi: Eskalasi Partisipasi Politik Rasional”. Hasil inovasi kebijakan yang dibuat oleh para tim delegasi akan dipublikasikan dan diharapkan mampu menjadi suatu rekomendasi kebijakan yang bermanfaat. Hari terakhir, delegasi melaksanakan kegiatan Field Trip sebagai  sarana refreshing  para delegasi setelah berkompetisi, delegasi diajak untuk berkeliling Bandung dengan Bus yang terlah di sediakan lalu malam harinya dilanjutkan dengan Gala Dinner dan AWARDING serta hiburan-hiburan.

Malam awarding merupakan kegiatan berupa pengumuman pemenang dan pemberian hadiah. Terdapat enam kategori yang diperebutkan oleh tim delegasi. Ketegori pertama adalah ketegori best exhibition  yang di raih oleh tim Prolans, selanjutnya adalah kategori best speaker yang dimenangkan oleh Erfan Kurniawan dari tim Ghazi (Uniersitas Negeri Jakata), kategori best essay dimenangkan oleh tim Ngrembols Club. Juara 1 dimenangkan oleh tim The Changers (Universitas Airlangga), juara 2 dimenangkan oleh Aners (Universitas Jendral Soedirman), dan juara 3 dimenangkan oleh tim The Forthcoming Beamte (Universitas Indonesia). Pada kompetisi tersebut kami dari tim Social Squad (Universitas Diponegoro) tidak dapat memenangkan kategori yang diperebutkan, namun tim kami dapat merah peringkat ke 7 dari 16 peserta dengan perolehan nilai 78,57.

Klasifikasi Bintang: kegiatan ini termasuk ke dalam bintang 5 karena meningkatkan perolehan raihan prestasi kemahasiswaan dan menjadikan organisasi kemahasiswaan dan kegiatan kemahasiswaan yang lebih mandiri, inovatif, berkelanjutan, bermaslahat dan selalu berkembang (independent, sustainable, impactful & scale up).

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar