KUNJUNGAN JAJARAN DEKANAT FISIP UNDIP KE BADAN LITBANG SDM KEMKOMINFO RI

Posted by FISIP

Juli 31, 2017

Jajaran Dekanat FISIP Undip Jumat (28/7) mengadakan kunjungan kerja ke Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jalan Merdeka Barat Nomor 9 Jakarta. Pada kunjungan kali ini Dekan beserta para Wadek beraudiensi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo. Tim Dekanat FISIP Undip diterima oleh Sekretaris Badan Litbang SDM, Ir. Sri Cahaya Khoironi, didampingi oleh beberapa staf. Badan Litbang SDM sendiri memiliki dua peran penting yaitu pelaksanaan penelitian dan pengembangan bidang komunikasi dan informatika dan pelaksanaan pengembangan SDM bidang komunikasi dan informatika.

Pada kesempatan pertama, Onny, panggilan akrab Sri Cahaya Khoironi, sebagai tuan rumah membuka pertemuan kali ini, kemudian mempersilahkan Dekan FISIP Undip, Sunarto untuk menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan. Dekan menyampaikan bahwa FISIP Undip telah menjadi salah satu fakultas yang maju, dengan jumlah prodi dan mahasiswa yang besar serta prestasi yang cukup membanggakan. Beliau menawarkan kerjasama terkait dengan pendidikan lanjut pegawai kominfo di Undip, khususnya di tingkat pasca sarjana (S2 dan S3), juga kerjasama lain seperti bidang penelitian, magang, praktek kerja dan lain-lain.

Onny menyambut baik maksud kunjungan Dekanat FISIP Undip, dan menjawab dengan menceritakan bahwa selama ini telah bekerjasama dengan 11 PTN di Indonesia dalam program bea siswa (istilah untuk studi lanjut untuk pegawai KemKominfo), beliau mengharapkan Dekanat FISIP Undip untuk segera mengajukan permohonan kerjasama dalam bidang yang diinginkan. Pada kesempatan ini Wadek 1, Hedi Pudjo Santosa menambahkan untuk kerjasama bidang magang perlu juga dilakukan, namun dijelaskan oleh Onny bahwa kalau magang belum pernah ada karena terkait dengan keterbatasan sumber daya pendukung, namun kalau praktek kerja lapangan masih sangat memungkinkan untuk dilakukan, terangnya.

Onny juga menyampaikan kalau untuk kerjasama riset, Badan Litbang SDM KemKominfo baru melakukan 1 kegiatan penelitian tahun 2017 ini dengan UB Malang, diharapkan Undip juga segera saja melakukan pengajuan kerjasama riset sesuai bidang yang diminati. Selanjutnya pada kesempatan ini Wadek 3, R. Slamet Santoso menambahkan kemungkinan melakukan kerjasama riset bidang pos dan telekomunikasi, dan disikapi positif karena bidang riset ini juga di bawah kewenangan Badan ini, tepatnya di Puslitbang Sumber Daya, Perangkat dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Pada pembicaraan berikutnya, lahir usulan terkait dengan diklat untuk sertifikasi tenaga komunikasi dan informatika, Onny menawarkan untuk memberikan sertifikasi bagi lulusan FISIP Undip, khususnya bidang komunikasi dan informatika; dengan melakukan kerjasama pelaksanaan sertifikasi, dan Dekan pun menyambut baik gagasan ini mengingat sekarang sangat dituntut lulusan yang memiliki kemampuan plus yang ditunjukkan dengan sertifikat profesi.

Setelah dibicarakan beberapa peluang kerjasama tersebut, pertemuan diakhiri dengan kesepakatan untuk melakukan korespondensi terkait pengembangan kerjasama lebih lanjut antara FISIP Undip dengan Badan Litbang KemKominfo RI. (RSS)

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar