Hari Perserikatan Bangsa-bangsa

Posted by FISIP

Oktober 25, 2016

24 Oktober merupakan United Nations Day atau Hari PBB (perserikatan Bangsa-Bangsa). PBB yang merupakan sebuah organisasi internasional yang juga telah menaungi hampir seluruh negara-negara di dunia, ia memiliki berbagai macam misi untuk membuat semua anggota yang tergabung di di PBB, bahwa semua negara itu harus bekerja sama dalam mewujudkan perdamian dunia dan membuat dunia ini sebagai tempat yang nyaman untuk ditinggali.

PBB di San Francisco pada tanggal 24 Oktober 1945 dan telah memiliki 193 sebagai anggota dari PBB yang berasal dari berbagai negara diseluruh dunia. Berdirinya PBB ternyata sangat dipengaruhi oleh kegagalan dari Liga Bangsa-Bangsa yang mencegah terjadinya Perang Dunia ke II(1939 – 1949). Dan semenjak berakhirnya Perang Dunia II, dalam menggantikan peran Liga Bangsa-Bangsa, 51 negara telah mulai mengadakan Sidang Umum pada tanggal 10 Januari 1946 yang bertempat di Church House, London.

Sidang pertemuan tersebut memiliki tujuan dalam membentuk suatu badan dunia yang akan berupaya untuk mencegah terjadinya Perang Dunia II. PBB tidak hanya bergerak pada bidang politik, namun dibidang lainnya juga seperti di bidang ekonomi, kebudayaan, hukum, sosial dan HAM. Hal itu bisa dilihat dari dari adanya WHO, UNICEF, FAO, IMF, dan organisasi itu maupun badan lainnya yang berada di bawah naungan PBB. Piagam PBB lahir pada 26 Juni 1945, namun Majelis Umum PBB baru ditetapkan pada tanggal 24 Oktober yang kini diperingati sebagai hari Perserikatan Bangsa-Bangsa, sedangkan pada tanggal 20 hingga 26 di jadikan sebagai pekan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bidang Hubungan Masyarakat
BEM FISIP Undip 2016
Semangat Luar Biasa

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar

Kirim Komentar