Semarang, io.undip.ac.id; Universitas Diponegoro selalu berusahan untuk memberikan Pendidikan terbaik untuk para mahasiswanya termasuk memberikan paparan internasional bagi para mahasiswa. Salah satu program paparan internasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa Undip adalah program mobilitas mahasiswa. Tahun ini, AMINEF membuka pendaftaran untuk program Pertukaran Pelajar (S1) 2021.

Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) menawarkan beasiswa untuk satu semester masa studi akademik non-gelar di perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat kepada para mahasiswa calon pemimpin baru. Global UGRAD adalah program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan bertujuan untuk merekrut peserta dengan latar belakang kurang terwakili yang belum pernah mendapat kesempatan untuk belajar di Amerika Serikat. Pelamar yang berhasil akan mendapatkan pengalaman mendalam berinteraksi dengan masyarakat, budaya, dan institusi akademik di Amerika Serikat, serta peluang untuk meningkatkan keterampilan profesional mereka.

Semua peserta akan terdaftar dalam program full-time Coursework Sarjana non-gelar, yang dipilih dari kurikulum yang ada di Universitas penerima. Peserta akan diminta untuk mengambil satu mata kuliah Studi Amerika Serikat dengan 3 SKS untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang Amerika Serikat. Peserta akan tinggal dengan rekan-rekan dari Amerika di perumahan yang telah difasilitasi pihak kampus dan akan diminta untuk berpartisipasi dalam dua puluh jam program pelayanan masyarakat. Juga akan ada orientasi kedatangan virtual dan lokakarya akhir program secara langsung.

Program ini meliputi perjalanan internasional, biaya kuliah, tempat tinggal dan makan, asuransi kecelakaan/sakit, tunjangan bulanan, dan pendanaan untuk buku.

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Mahasiswa aktif (S1/D4), telah menyelesaikan minimal satu semester kuliah dan memiliki setidaknya satu semester untuk diselesaikan di Universtas asal setelah kembali.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang dibuktikan melalui karya akademis, keterlibatan di masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tertulis yang dibuktikan dengan skor terbaru TOEFL ITP atau TOEFL Prediction 500 atau iBT 48 (berlaku kurang dari 2 tahun)
  • Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah program selesai

Diutamakan mahasiswa yang belum memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau di luar negeri. Hanya kandidat terpilih yang akan dipanggil untuk wawancara.

Tidak diperuntukan bagi:

  • Warga Negara Amerika Serikat
  • Mahasiswa yang sedang menempuh Pendidikan, tinggal, atau bekerja di luar Indonesia
  • Karyawan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan/atau Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID)
  • Anggota keluarga (contoh: pasangan dan anak) karyawan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan USAID; anggota keluarga dari karyawan yang sedang dalam masa satu tahun setelah pemutusan hubungan kerja
  • Karyawan World Learning dan AMINEF saat ini dan anggota keluarga dekat mereka

Batas Waktu

Batas waktu pengiriman berkas secara online untuk program ini adalah tanggal 6 January 2022.

Tata Cara Pendaftaran

Calon peserta wajib melengkapi form Permohonan Online, yang hanya bisa diakses mulai tanggal 1 November 2021 sampai dengan batas waktu 6 Januari 2022.

Syarat Pendaftaran (dalam Bahasa Inggris)

  • Dua surat referensi, satu dari dosen dari bidang studi utama pelamar, yang lain dari dosen lain, pemberi kerja, pelatih, atau pengawas pekerjaan masyarakat.
  • Fotokopi KTP
  • Transkrip nilai terbaru dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Transkrip nilai dan berkas lainnya diserahkan sebelum batas waktu mengingat Anda tidak dapat menambahkan informasi lainnya dalam form permohonan online setelah batas waktu berakhir.

Setelah berkas permohonan online diserahkan, peserta melakukan konfirmasi kepada staf AMINEF melalui email dengan melampirkan bukti scan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction ke alamt email info.scholarship@aminef.or.id dengan format subjek, “[Nama Lengkap] – Completed Global UGRAD Online Form.”

Harap diperhatikan bahwa ada persyaratan khusus untuk program Indonesia yang mungkin berbeda dari detail di situs web World Learning. Bagi pendaftar dari Indonesia, harap mengacu pada persyaratan di atas saat mendaftar ke program ini dan sampaikan semua pertanyaan Anda ke staf AMINEF.

Informasi Lebih Lanjut

Kunjungi link berikut untuk informasi terkait program yang ditawarkan:

Informasi Narahubung

Pertanyaan spesifik terkait proses pengajuan dapat disampaikan melalui alamat email berikut: info.scholarship@aminef.or.id

 

Sumber: io.undip.ac.id