Serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 yang diselenggarakan sejak tanggal 25 Oktober hingga 29 Oktober 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah sampai pada puncaknya. Closing ceremony PIMNAS ke-34 digelar secara luring terbatas di Universitas Sumatera Utara (USU) dan juga secara daring melalui kanal Youtube USU, Jum’at (29/10) malam.

Sebanyak 37 kontingen PKM dari Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menempatkan Undip masuk 10 besar, tepatnya menduduki peringkat ke-8 secara nasional, naik tiga peringkat dari tahun sebelumnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih terhadap perjuangan yang telah diberikan untuk kegiatan PIMNAS ke-34 ini. “Saya selaku Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kemahasiswaan, mengucapkan terima kasih atas segenap perjuangan yang sudah kalian dilakukan. Tetap semangat para Diponegoro Muda”, ungkap Prof Budi.

Selain itu, Prof Budi mengungkapkan bahwa pihak Universitas akan mengapresiasi semua kontingen yang lolos ke ajang final PIMNAS ke-34. “Jadi kalian tetap kita apresiasi perjuangannya, sebagai peserta yang lolos PIMNAS, Universitas memberikan reward akademik dan non akademik”, jelasnya.

“Selamat kepada mereka yang mendapatkan medali, perjuangan kalian luar biasa, mudah-mudahan itu menjadi torehan sejarah yang berguna bagi kalian. Dan saya ucapkan selamat bagi kalian yang belum mendapatkan medali, masih ada kesempatan PIMNAS di tahun depan”, tambah Prof Budi.

Dalam ajang ilmiah tahunan berskala nasional itu, kontingen PKM Undip berhasil menyabet 10 medali. Dengan rincian perolehan medali untuk kategori presentasi sebanyak 6 medali terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Sedangkan 4 medali untuk kategori poster yang terbagi atas 3 emas dan 1 perunggu.

Berikut daftar peraih medali yang berhasil diraih oleh kontingen PKM Undip dalam PIMNAS ke-34:

  1. Emas Presentasi (PKMRE-6)

Judul: Pemanfaatan Sereh Dapur (Cymbopogon citratus) dalam Enkapsulasi Bersalut Alginat Kitosan sebagai Sumber Kebutuhan Antioksidan.

Ketua Tim: Sadam Arrois.

  1. Emas Poster (PKMRE-6)

Judul: Pemanfaatan Sereh Dapur (Cymbopogon citratus) dalam Enkapsulasi Bersalut Alginat Kitosan sebagai Sumber Kebutuhan Antioksidan.

Ketua Tim: Sadam Arrois.

  1. Emas Poster (PKMRE-10)

Judul: Pelapis Superhidrofobik-Superoleofilik Berbahan Silika dengan Hexamethyldisilazane dan Methyltrimetoxysilane sebagai Pemisah Tumpahan Minyak di Laut.

Ketua Tim: Jesica Rahmaningrum.

  1. Emas Poster (PKMRE-4)

Judul: Bio-Scrubber Berbahan Bacterial Cellulose Terimpregnasi Antibakteri Flavonoid dari Daun Kelor sebagai Solusi Substitusi Mikroplastik.

Ketua Tim: Afriza Ni’Matus Sa’Adah

  1. Perak Presentasi (PKMK-6)

Judul: Inovasi Gel Aromaterapi Antikantuk dari Limbah Minyak Jelantah dan Ekstrak Serai Wangi dengan Metode Adsorbsi untuk Mendukung Belajar Online.

Ketua Tim: Sulhan Efendi.

  1. Perunggu Presentasi (PKMK-1)

Judul: Inovasi Produk Ekstrak Daun Ketapang untuk Penstabil pH Air Pencegahan Penyakit Busung Ikan Hias sebagai Penopang Perekonomian Era Pandemi.

Ketua Tim: Meitri Bella Puspa.

  1. Perunggu Presentasi (PKMK-6)

Judul: Inovasi Smart Pop-Up Batik Book Dilengkapi Fitur Augmented Reality, Website Terintegrasi, serta Batik Kit sebagai Media Interaktif Pembelajaran Batik.

Ketua Tim: Gusti Fattahillah Putra Merdeka.

  1. Perunggu Presentasi (PKMKC-4)

Judul: Sistem Automasi Pompa di Polder dan Peringatan Dini untuk Mengantisipasi Banjir Berbasis Internet of Things dan Machine Learning.

Ketua Tim: Rifaldi Kallolangi.

  1. Perunggu Presentasi (PKMRE-4)

Judul: Bio-Scrubber Berbahan Bacterial Cellulose Terimpregnasi Antibakteri Flavonoid dari Daun Kelor sebagai Solusi Substitusi Mikroplastik.

Ketua Tim: Afriza Ni’Matus Sa’Adah.

  1. Perunggu Poster (PKMRE-1)

Judul: Andrographolide-Loaded Nanoniosome tanpa Kolesterol Sambiloto (Andrographis Paniculata) sebagai Penghambat Main Protease (Mpro) SARS-CoV-2.

Ketua Tim: Muchammad Faris.

Pada ajang final PIMNAS ke-34, Universitas Gadjah Mada (UGM) keluar sebagai Juara Umum. Diikuti Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi kedua, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berada di posisi ketiga.

PIMNAS ke-34 merupakan kompetisi ilmiah bergengsi mahasiswa tingkat nasional yang digelar setiap tahunnya oleh Kemendikbudristek. Pada penyelenggaraan tahun ini, PIMNAS ke-34 diikuti sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se-Indonesia.

 

Sumber: undip.ac.id