Dalam rangka mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Universitas Diponegoro menggandeng Bank Indonesia akan menggelar kuliah umum “BI Mengajar” pada 6 Agustus 2021 mendatang melalui platform Zoom dan live streaming Undip TV. Kuliah umum “BI Mengajar” akan menghadirkan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Kegiatan “BI Mengajar” bukan saja membekali mahasiswa untuk terjun ke dunia usaha dan yang berkorelasi erat dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri), tetapi juga wujud kepedulian Undip untuk turut berperan memulihkan perekonomian nasional dampak pandemi Covid-19. Data BPS di tahun 2020 mencatat jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebanyak 65 juta. Artinya sebagian besar usaha yang beroperasi adalah UMKM.

Daya beli masyarakat yang rendah berdampak besar terhadap operasional UMKM. Saat UMKM tidak lagi dapat beroperasi merupakan ancaman untuk perekonomian nasional, mengingat UMKM adalah penggerak utama ekonomi nasional.

Hal tersebut yang mendorong Undip dan BI untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional dengan menggerakkan dan membangunkan kembali UMKM yang lesu dampak dari pandemi dengan menggelar kuliah umum bersama Gurbernur BI.

Kuliah umum BI Mengajar mendatang akan mengusung tema “Memperkuat inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial sebagai Kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional”. Merupakan tema menarik untuk membangkitkan kelesuan perekonomian saat ini. Akan banyak sekali ulasan tentang bagaimana memperkuat inovasi, membangun sinergi dan juga bagaimana memupuk kepedulian untuk berkolaborasi dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu, Undip mengundang mahasiswa untuk join acara kuliah Umum “BI Mengajar” pada 6 Agustus 2021 mendatang.

Untuk menyemarakkan acara tersebut, Undip juga mengajak mahasiswa berkontribusi dengan mengikuti lomba dalam rangka membangkitkan kembali UMKM. Jenis lomba meliputi lomba membuat bisnis plan, lomba quote UMKM Berdaya, dan poster ajakan membeli produk UMKM.

Untuk update info, cek website Undip dan follow Instagram Undip: undip.official dan Twitter Undip: @undip.

 

Sumber: undip.ac.id