Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang percepatan vaksinasi Nasional untuk mengurangi angka positif Covid-19 di Indonesia yang masih sangat tinggi, HIPPINDO-Kementerian Koperasi dan UKM-TNI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, DPP & DPD IKA UNDIP Jateng, Kadin Jateng didukung oleh Tokopedia melaksanakan Sentra Vaksinasi untuk wilayah Semarang Raya yang akan diadakan pada tanggal; 28 Juli-10 Agustus untuk vaksin pertama dan 25 Agustus-7 September 2021 untuk vaksin ke dua. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Imam Barjo UNDIP, Jl. Imam Barjo No. 1, Semarang, yang merupakan suatu bentuk dukungan dari IKA UNDIP Jawa Tengah.

Sentra Vaksinasi mentargetkan 1600 akseptor setiap harinya yang terdiri dari para tenaga kerja industri, UMKM, komunitas UNDIP di Jawa Tengah. Namun tidak menutup kemungkinan Sentra Vaksinasi juga akan diperpanjang untuk dapat melayani masyarakat umum kedepannya dalam tujuan menjangkau penerima vaksin yang lebih besar.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekaligus peran aktif dari dunia usaha yang bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder dalam mencapai herd immunity untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mendukung akselerasi pemulihan kesehatan yang berdampak pada percepatan peningkatan produktivitas sehingga dapat kembali menggerakkan roda perekonomian Jawa Tengah.

Untuk wilayah Jawa Tengah, selain di Semarang Sentra Vaksinasi juga digelar di Solo yang telah dibuka sejak 17 Juli di De Tjolomadoe. Sentra Vaksinasi juga di gelar di beberapa kota antara lain Jakarta (di Gd. SMESCO), Surabaya (29 Juli di Gd Kencana), Bandung (18 Juli di PJV Mal) dan Jogja (25 Juli di Jogja Expo Centre).

Dalam pembukaan Sentra Vaksinasi Semarang Raya yang dijadwalkan pada hari ini, Rabu 28 Juli 2021, akan ditinjau langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, Walikota Semarang serta beberapa pejabat lainnya.

Selain menargetkan penerima vaksin yang lebih besar dari perusahaan industri dan UMKM di Kota Semarang dan sekitarnya, Panitia Sentra Vaksinasi juga membuka kesempatan yang sebesar-besarnya kepada perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan sumbangsih dan mendukung pelaksanaan Sentra Vaksinasi ini melalui CSR perusahaannya.

Beberapa perusahaan besar di Wilayah Semarang Raya telah berpartisipasi memberikan dukungan bagi berlangsungnya pelaksanaan Sentra Vaksinasi ini, antara lain; PT. Sido Muncul, PT. Mugan, PT. Mazda, PT. Sampharindo, PT. Sentral Medika Indonesia, PT. Nestle Indonesia, dll.

 

Sumber: undip.ac.id