Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) merilis hasil pemeringkatan dunia untuk kategori Graduate Employability Rankings 2020. Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil menduduki posisi ke-3 di Indonesia dan posisi ke 301-500 di Dunia.

Dilansir dari laman https://www.topuniversities.com/employability-rankings/methodology, Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020 menggunakan 5 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan global. Indikator tersebut yakni: Employer Reputation (30%), Alumni Outcomes (25%), Employer – Student Connections (10%), Partnerships with Employers (25%), dan Graduate Employment Rate (10%).

Hasil perhitungan Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020 untuk Universitas Diponegoro berdasarkan data dari masing-masing indikator yaitu: Employer Reputation (11.8), Alumni Outcomes (13.0), Employer – Student Connections (77.8), Partnerships with Employers (1.8), dan Graduate Employment Rate (97.2). Hasil perhitungan total skor Undip adalah 97.2 poin, sehingga menempatkan Undip berada pada posisi ke-3 secara Nasional.

Mengenai tabel penilaian yang ada di laman https://www.topuniversities.com/university-rankings/employability-rankings/2020, Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020 mengacu pada urutan huruf (alphabet) untuk kelompok peringkat rentang yang sama yaitu 301-500. Jika dilakukan perhitungan dan analisis data berdasarkan indikator yang ada, maka nilai skor total Undip berkisar 15.8-27.5 poin.

Dengan penilaian yang sangat ketat membuat hanya 6 perguruan tinggi saja di Indonesia yang mampu masuk dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020. Perguruan tinggi tersebut didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri. Urutan peringkatnya yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia.

Sedangkan untuk tingkat Dunia, berdasarkan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020, menempatkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada posisi pertama. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Cambridge ini mencatatkan total skor 100. Menempel pada urutan kedua yaitu Stanford University dengan total skor sebesar 98.6 poin. Sedangkan urutan ketiga berhasil diraih oleh University of California, Los Angeles (UCLA) dengan total skor sebesar 98.3 poin.

Berdasarkan hasil ranking Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2020 menunjukkan kecepatan dan ketepatan lulusan Undip dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga dapat menunjukkan bahwa lulusan Undip mudah mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, hasil pemeringkatan ini telah menjadi salah satu acuan yang dipakai oleh calon mahasiswa baru dan keluarganya dalam memilih perguruan tinggi. Hasil ini juga dapat dipakai oleh pemerintah dan perguruan tinggi sendiri untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya yang akan diterapkan. (Dhany-Humas)

sumber : undip.ac.id