Para pemenang Diponegoro Art Competition (DAC) 2021 telah diumumkan, Senin (28/6). Pemenang DAC ini menjadi langkah awal bagi Universitas Diponegoro untuk bisa maju mewakili universitas dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) tingkat Jawa Tengah. Chory Firdaus selaku ketua BEM Undip menyampaikan ucapan selamat bagi para juara dan mensupport yang belum berkesempatan menang agar tetap semangat, tidak putus asa dan terus mengasah serta mengembangkan potensi. “Seni adalah perihal kejujuran yang menghasilkan keindahan dan tentunya tidak ada seni yang tidak indah” ungkapnya.

Cabang lomba-lomba yang dikompetisikan adalah Lomba Cover Lagu Pop, Cover Lagu Dangdut, Cover Lagu Seriosa, Cover Lagu Keroncong, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Baca Puisi, Desain Poster, Lukis, Fotografi Hitam Putih dan Warna, Monolog, Komikstrip dan Vokal Group.

Dalam cabang penulisan puisi, juara I diraih oleh Farijihan Ardiyanti Putri (Fakultas Ilmu Budaya), juara 2 Kamila Firdaus (Fakultas Perternakan dan Pertanian), dan juara 3 Salma Febriyanti Putri Raharjo (Fakultas Psikologi). Cabang penulisan cerpen, juara I Cut Nisrina Desrianti (Fakultas Sains dan Matematika), juara 2 Arvica Salwa Fitriani Masrukin (Fakultas Psikologi), dan juara 3 Lintang Kemuning MR (Fakultas Kesehatan Masyarakat).  Cabang penulisan lakon, juara 1  Salwa Putri Kinanti (Fakultas Teknik), juara 2 Fajar Kurniawan (Fakultas Hukum), dan juara 3 Farhana Dhafira (Fakultas Kedokteran).

Pemenang baca puisi putra, pemenang I Alvin Aulia Raynaldi (Sekolah Vokasi), pemenang II George Gary Adam (Fakultas Kedokteran), dan pemenang III Habel Boni Facius Panjaitan (Fakultas Psikologi). Cabang baca puisi putri, pemenang I Ilma Zulfa (Fakultas Ilmu Budaya), pemenang II Intan Nur Shaqila (Fakultas Ilmu Budaya), dan pemenang III Finna Putri Ariswati (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). Cabang seni monolog, juara I Vindi Risdiana (Fakultas Sains dan Matematika), juara 2 Novia Dewi Kusumastuti (Fakultas Psikologi), dan juara 3 Zevanya Putri Wargana (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Pemenang cabang komikstrip, juara I Aldibro Rizlan Widyanov (Fakultas Teknik), juara II Tiara Putri Khoerushyfa (Fakultas Peternakan dan Pertanian), dan juara 3 Nayla Najiha (Fakultas Kedokteran). Untuk cabang fotografi hitam putih, juara I Nurul Aulia K. (Fakultas Peternakan dan Pertanian), juara 2 Muhammad Hafidz W. (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan juara 3 Abyan Ardiatama (Fakultas Sains dan Matematika). Cabang fotografi warna, juara I Devanta Wicaksana (Sekolah Vokasi), juara 2 Ismah Hakini W (Fakultas Ilmu Budaya), dan juara 3 Leonardo Abet Zebe (Fakultas Teknik). Pemenang cabang desain poster, juara I Angelica Febriana H. (Fakultas Kedokteran), juara 2 Lucas Ardo Daryono (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan juara 3 Garin Nugroho (Fakultas Teknik). Sementara cabang seni lukis, juara 1 Nadya Nathali Smith (Fakultas Peternakan dan Pertanian), juara 2 Dinda Ayu A.N.M (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan juara 3 Benhard Patuan Purba (Fakultas Kedokteran).

Pemenang cabang vocal group, juara I Medistra Symphonic Choir (Fakultas Kedokteran), juara 2 Economy (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), dan juara 3 Fisip Pitch (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Cabang cover lagu keroncong putri, juara I Alya Faranida A. (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), juara 2 Alga Diva Logarisma (Fakultas Kedokteran) dan juara 3 Tesalonika Jane P. (Fakultas Teknik). Cabang seriosa putri, juara I Dias Yesica H. (Fakultas Kesehatan Masyarakat), juara 2 Ester Berniati Br Sitepu (Fakultas Psikologi), dan juara 3 Dea Bu’at Sartina L. (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). Cabang dangdut putra, juara I Rama Agung Santosa (Fakultas Peternakan dan Pertanian), juara 2 Faisal Angger Abimanyu (Fakultas Psikologi), dan juara 3 Dikka Prasetyo (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Cabang cover lagu pop putri, juara I Ledya margaretha Sitohang (Fakultas Kesehatan Masyarakat), juara 2 Laksmi Kinanti (Sekolah Vokasi), dan juara 3 Aulia Septi Rachmawati (Sekolah Vokasi). Cabang cover lagu pop putra, juara I Dimas Aldi Wicaksono (Fakultas Teknik), juara 2 Muhammad Hibban Yuda Prasetyo (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), dan juara 3 Muhammad Yuda Prasetyo (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Untuk informasi nama-nama pemenang juga dapat diakses di IG Diponegoro Art Competition atau dilihat channel Undip TV Official: https://www.youtube.com/watch?v=gYD6kiDOUD8

Selamat bagi para pemenang, kemenangan yang didapat tentunya menjadi kontribusi, peran dan keikutsertaan mahasiswa untuk turut membangun Undip Yang Lebih Baik. Semangat berjuang kembali dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah, semoga  menjadi juara. (Linda Humas)

 

Sumber: undip.ac.id