Mewujudkan misi menjadi World Class University, Universitas Diponegoro (Undip) menunjukkan kompetensinya dengan prestasi yang membanggakan. QS World University Rankings Asia (QS WUR Asia) adalah bagian dari QS World University Rankings yang mendata ranking dari berbagai universitas dan institusi di dunia serta untuk wilayah, salah satunya adalah regional Asia. Dalam penilaiannya, QS WUR Asia melakukan penilaian dari 11 indikator, yang termasuk reputasi akademik dan lulusan, publikasi, sitasi, dosen asing dan mahasiswa asing.

Berdasarkan hasil pemeringkatan QS WUR Asia 2021 yang dirilis Rabu 25 November 2020 pada laman https://www.topuniversities.com/university-rankings/asian-university-rankings/2021,Undip berhasil meraih peringkat ke 9 Nasional dan menjadi universitas terbaik ke-241 di Asia. Hasil tersebut naik dari tahun sebelumnya pada posisi 281-290 di tingkat Asia (QS WUR Asia 2020). Dengan meningkatnya peringkat di kancah Asia, hal ini merupakan cerminan dari semakin meningkatnya kualitas Undip. Keberhasilan ini tentunya merupakan hasil dari kerja keras dan kerjasama dari semua pihak untuk memajukan Undip menjadi universitas yang berintegritas tinggi. Rektor Undip mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi kepada seluruh sivitas akademika Undip dan Alumni atas kontribusi dan partisipasi semua pihak. Hal ini juga merupakan hasil sinergi dari 3 organ Undip, yaitu Rektor, Majelis Wali Amanat dan Senat Akademik yang turut mengawal Undip untuk meningkatkan kualitas menuju peringkat 500 besar berkelas dunia (World Class University).

Selain di Asia dan internasional, Undip juga fokus untuk menjaga reputasi yang baik sebagai salah satu PTNBH di Indonesia. Undip mendukung para dosen untuk melakukan penelitian dan menghasilkan jurnal yang berkualitas dan bereputasi tinggi (terindeks Scopus). Undip juga mendukung kegiatan positif mahasiswa, baik kegiatan belajar di dalam kampus maupun kegiatan belajar di luar kampus sebagai implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar. Dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar, Undip berharap dapat mencapai prestasi yang lebih baik ke depannya.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum. menyampaikan rasa syukur untuk prestasi yang diraih. “Prestasi yang diraih makin memantapkan Undip sebagai world class university yang didukung dengan kualitas SDM dan capaian prestasi mahasiswa baik kancah nasional maupun internasional”,  ungkapnya.

 

sumber : https://www.undip.ac.id