Pilih Laman

Delegasi Universitas Diponegoro untuk kesekian kalinya berhasil menjuarai kompetisi Lomba Bisnis Plan Tingkat Nasional  dalam acara Syariah Economic Expo 2019 yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah 12-14 November 2019 di Palembang, Sumatra Selatan.

Tim yang diketuai Ijai Pratama Putra mahasiswa S1 Administrasi Bisnis FISIP UNDIP angkatan 2017 ini berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional untuk kesekian kalinya dalam ajang perlombaan Business Plan.

Syariah Economic Expo 2019 ini merupakan agenda tahunan yang berupa berbagai kegiatan perlombaan diantaranya yaitu Olimpiade Syariah, Lomba Debat, dan Lomba Bisnis Plan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Ekonomi Islam (PAKIES) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang. Tema yang diangkat dalam kegiatan di tahun ini adalah Optimalisasi Peran ZISWAF dan Islamic Sociopreneurship dalam Mengembangkan Industri Halal yang Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0”. Perlombaan tersebut ditujukan untuk seluruh mahasiswa aktif baik D1, D2, D3, D4, maupun S1 seluruh PTN dan PTS di Indonesia.

Cabang lomba Business Plan terbagi kedalam dua babak yaitu babak penyisihan, dimana seluruh tim yang berasal dari seluruh universitas yang ada di Indonesia mengirimkan proposal business plan mereka yang akan di seleksi oleh juri. Kemudian akan dipilih 10 proposal tim terbaik yang akan di undang ke Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang untuk melakukan final presentasi.

Sesampainya di Palembang, panitia melakukan upacara opening ceremony serta pembukaan kegiatan secara resmi yang dihadiri oleh Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Technical meeting dilakukan di hari ke-2 untuk menjelaskan peraturan dan sistem perlombaan serta mekanisme presentasi dalam penjurian. Setelah itu dilakukannya pengundian nomor urut presentasi, dimana tim dari Universitas Diponegoro mendapatkan urutan 8 untuk presentasi. Final lomba dilaksanakan di Gedung Sidang Magister Lantai 2 pada 14 November 2019 pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Hari ke-3 dan ke-4 seluruh peserta mengikuti kegiatan field trip ke beberapa tempat wisata di Palembang dari panitia. Sedangkan penetapan hasil nilai dan pengumuman juara dilakukan di hari terakhir yaitu tepatnya di malam Closing Party. Adapun tim yang menjadi Juara 1 adalah dari Universitas Diponegoro, Juara 2 UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Juara 3 Institute Pertanian Bogor