Grand Opening Research (GOR) merupakan salah satu program Bidang Keilmuan dan Penalaran. GOR sendiri diadakan dalam rangka mengenalkan dan memberikan pemahaman terhadap empat pilar riset yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Debat Politik, Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), dan Program Kreatiifitas Mahasisa (PKM). GOR ini diadakan dengan harapan dapat meningkatkan iklim riset, prestasi serta minat mahasiswa baru FISIP Undip khususnya dalam bidang riset itu sendiri. Acara ini merupakan acara seminar pemaparan materi tentang empat pilar riset kepada mahasiswa baru disertai dengan sesi tanya jawab oleh pembicara dengan seluruh peserta seminar.

GOR pada tahun ini diadakan pada jumat 23 agustus 2019 yang diselenggarakan di auditorium Gedung A lantai 3 FISIP Undip. Acara dimulai pada pukul 13. 15 dimana peserta sebelum memasuki ruangan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dan pembagian konsumsi oleh panitia GOR. Kemudian acara dilanjutkan oleh MC untuk melakukan pembuakaan acara GOR pada pukul 13.45. Selanjutnya acara dilanjutkan oleh sambutan yang pertama diberikan oleh ketua pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua BEM FISIP Undip 2019. Dan terakhir dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara Grand Opening Reseach oleh wakil dekan I Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin. selanjunya pada pukul 14.10 materi pertama yang disampaikan oleh Raihanatul Maziyah dengan materi yang disampaikan adalah empat pilar riset selama 45 menit disertai dengan tiga penanya dalam satu sesi. Materi pengenalan 4 pilar yaitu terdiri dari mawapres, pkm, debat, dan juga LKTI. Mawapres adalah Merupakan sebuah ajang untuk mengidentifikasi dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi dari segi akademik maupun non-akademik. Bilamana mahasiswa ingin mendapatkan penghargaan ini maka dari itu perlu adanya penyiapan yaitu, ipk, lkti, kemampuan b.inngris, dan juga mental. Pengenalan selanjutnya adalah tentang PKM, PKM sendiri adalah progam kreatifitas mahasiswa yang membutuhkan pengetahuan penelitian, komunikasi, dan kemampuan untuk membuatnya. Ada tujuh bidang dalam pembuatan PKM, yaitu PKM- M, PKM-K, PKM PKM-KC, PKM-T, PKM-P, PKM GT, dan juga PKM -AI. Didalam ini proses prosedur pelaksanaan PKM juga diuraikan, yaitu pengumpulan proposal PKM, pengumuman lolos didanai, dan pelaksanaan progam. Pengenalan selanjutnya adalah debat yang terdiri dari lomba debat Bahasa Indonesia, lomba debat Bahasa inggris, dan kemudian pengenalan selanjutnya adalah LKTI. LKTI yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian, laporan, dan juga tulisan.

Setelah penyampaian materi oleh pembicara pertama dilanjutkan dengan ice breaking yang dipandu oleh MC selama 10 menit. . setelah ice breaking dilakukan, acara selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua oleh pemenang mahasiswa berprestari utama I dari fakultas hukum, yaitu Berlian Shinta F. pemateri dua ini menyampaikan materi mengenai mawapres sendiri dan memberikan motivasi berprestasi kepada audians, pemberian materi kedua ini berjalan selama 45 menit dengan sesi tanya jawab beserta 3 orang penanya. Dalam penyambaian materi disampaikan beberapa hal didalamny, yaitu mahasiswa harus memanfaatkan waktunya, mahasiswa harus selalu mengerti akan passion didalam dirinya,

Setelah materi kedua disampaikan, acara selanjutnya adalah pengenalan fraction kepada mahasiswa yang menjadi audiens didalam acara gor tersebut. Farction sendiri adalah sebuah organisasi dimana memberikan pelatihan maupun pengenalan mengenai riset untuk meningkatkan iklim iset kepada mahasiswa agar semangat dalam berprestasi. Didalm penyampaian dan pengenalan fraction waktu yang diberikan adalah selama 15 menit. Setelah fraction menyampaikan materi, acara selanjutnya yaitu quis kahoot. Dimana ini adalah sebuah games yang menggunakan sebuah web, peserta diminta untuk bergabung didalam kuis ini dan menjawab beberapa pertanyaan  yang telah diberikan dengan kurun waktu yang sudah ditentukan. Quis kahoot ini berjalan selama 10 menit, dan menghasilkan tiga orang pemenang yang berhasil mendapatkan point tertinggi, kemudian tiga orang tersebut mendapatkan sebuah hadiah yang sudah disediakan oleh panitia. Dan acarapun memasuki puncaknya yaitu penutupan dari MC dan dilanjutkan dengan foto bersama.