Semarang 23/04/2019 – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan telah melaksanakan program kerja, yaitu If I Were President (IIWP). If I Were President merupakan suatu sarana untuk menampung dan menyalurkan aspirasi serta ide-ide siswa dan siswi SMA dengan penyampaian visi misi dalam bentuk mindmap sehingga tidak hanya dapat mengembangkan kreativitas siswa, kompetisi ini juga memberikan kesempatan pada mereka untuk berdebat layaknya calon presiden dalam rangka memecahkan masalah yang terjadi. Serta sebagai sarana pembelajaran menjadi seorang pemimpin yang dapat memecahkan mesalah dengan cara yang paling efektif dan efisien tanpa mengakibatkan efek negatif pada sebagian besar masyarakat.

Tema dari acara  If I Were President adalah ” Ditanganku Indonesia Akan Gemerlap atau Terlelap ? “. Kemudian untuk peserta dari acara If I Were President sendiri adalah siswa siswi SMA/SMK/MA/Sederajat se-Karesidenan Semarang. IIWP sendiri dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung A FISIP UNDIP yang diikuti oleh 6 pasang peserta yang terdiri dari SMA Negeri 13 Semarang, SMA Negeri 8 Semarang, SMA YSKI Semarang, SMA Islam Hidayatullah, SMA Negeri 2 Semarang tim A dan SMA Negeri 2 tim B.

Kegiatan lomba If I Were President tersebut di bagi kedalam 3 babak yang terdiri dari penyampaian visi dan misi, orasi dan tanya jawab serta penyampaian solusi dari masing-masing panelis. Dalam setiap babak tersebut peserta lomba sangat antusias dan bersemangat dalam menyampaikan visi misi dalam debat tersebut, apalagi ketika mereka saling melontarkan pertanyaan kepada lawan . Pemenang lomba IIWP 2019 diraih oleh SMA YSKI sebagai juara1, SMA Negeri 2 Semarang tim A sebagai juara 2dan SMA Negeri 2 tim B sebagai juara 3. Selain itu juga diberikan penghargaan atau kategori kejuaraan untuk kategori best timses yang dimenangkan oleh SMA Negeri 13 Semarang.

 

sumber : https://pemerintahan.undip.ac.id