Semarang, 22/03/2019 – Kepala Desa Lerep yang telah menjabat selama 3 periode yaitu Bapak Sumariyadi memberikan di FISIP UNDIP dengan materi ” Peran Pemerintah Desa Lerep Terhadap Pengelolaan Desa Wisata dan BUMDES. Peserta dalam kuliah umum adalah seluruh mahasiswa Ilmu Pemerintahan Fisip Undip angkatan 2017. Kuliah Umum dilaksanakan pada Hari Jumat 22 Maret 2019.

Kepala Desa Lerep pada kuliah umum tersebut menceritakan bagaimana beliau bersama masyarakat mengembangkan potensi Desa Lerep untuk menjadi desa wisata. Menurutnya, setiap desa di Indonesia pasti memiliki potensinya masing – masing entah itu dari SDM maupun SDA nya. Yang terpenting adalah bagaimana pemerintahnya mampu memanfaatkan potensi tersebut sebesar – besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Desa Lerep adalah salah satu desa di Kecamatan Ungaran Barat yang termasuk dalam kategori desa wisata. Dengan topografi dataran tinggi Desa Lerep memiliki berbagai potensi yang menarik seperti Curug Indrokilo, hamparan sawah yang luas, serta pemandangan alam yang indah. Pertanian di Desa Lerep ditopang oleh waduk buatan yang disebut Embung Sebligo. Disamping sebagai penopang pertanian, Embung ini juga dikelola dan dikembangkan sebagai tempat wisata. Selain itu kegiatan lain yang dikembangkan oleh pemerintah Desa Lerep adalah wisata edukasi sentra pengolahan susu sapi, hasta karya berbasis sampah, edukasi mengenai sampah, wisata budaya seperti atraksi gejlug lesung, tari – tarian tradisional, tracking kampung malam hari dan lain – lain.

Pengelolaan desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah berbasis pada pengembangan potensi SDA dan SDM desa. Pemerintah juga menjamin kesejahteraan masyarakatnya melalui pengelolaan BUMDES dan bekerja sama dengan BPJS Ketenaga Kerjaan. Beragam cerita menarik disampaikan oleh Kepala Desa Lerep. Salah satu hal yang selalu ditekankan olehnya sebagai Penyelenggara Pemerintahan Desa yang baik, kita harus berani berinovasi dan merangkul masyarakat dengan mengembangkan potensi Desa yang ada demi kesejahteraan bersama.

 

sumber : https://pemerintahan.undip.ac.id/