Dekan FISIP kunjungi Awardee IISMA 2024 di Roma

Posted by Admin

Oktober 24, 2024

Dalam lawatannya selama lima hari (15 hingga 19 Oktober 2024) di Italia dan Jerman, dekan FISIP menyempatkan diri bertemu dengan Awardee IISMA 2024 Alvito Dean Savier. Vito, nama panggilannya, saat ini tengah menempuh program Global Humanities Studies di Universitas Sapienza Roma. Saat ini dia adalah mahasiswa semester tujuh di Program Studi Hubungan Internasional FISIP Undip.

Pertemuan dengan dekan FISIP bertempat di Kota Vatikan, di depan Basilika Santo Peter yang sangat terkenal. Pada hari itu Kota Vatikan dipenuhi banyak sekali wisatawan, yang hadir menjelang perayaan Jubilee Kota Roma yang dilakukan setiap 25 tahun sekali. Rombongan mencari titik pertemuan di tengah-tengah, mengingat pada hari itu Vito akan melanjutkan kegiatan internship yang terletak tidak begitu jauh.

Menurut Vito, FISIP Undip perlu sekali untuk mengembangkan kerjasama internasional dengan universitas-universitas top dunia, khususnya bagi mahasiswa sarjana semester akhir yang membutuhkan eksposur terhadap program kuliah dan pembelajaran di kampus-kampus tersebut. Banyak sekali hal yang dapat dipelajari, misalnya bagaimana gaya dan struktur perkuliahan yang berbeda antara kampus di Italia dengan kampus di Indonesia.

Program Global Humanities Studies di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sapienza Roma, berlangsung selama kurang lebih enam bulan sejak bulan September, dan Vito akan menyelesaikan studinya pada bulan Februari 2025. Sembari menyelesaikan studi, dia juga aktif terlibat dalam kegiatan di luar kampus seperti mengikuti program internship di kantor FAO Roma yang melibatkan juga Kedutaan Besar Indonesia di Roma. Setelah mengikuti program IISMA, Vito akan melakukan konversi nilai sehingga nilai yang didapat dari kampus Sapienza Roma dapat menjadi bagian dari transkrip nilainya di Undip.

Selain bertemu dengan Alifito, Dekan FISIP Undip beserta rombongan juga berkesempatan bertemu dengan salah satu pengajar Universitas Sapienza Roma Dr. Claudia de Martino. Pertemuan berlangsung santai dengan menikmati sore hari di kompleks Coloseum dan Palatine Hill, yang diakhiri dengan makan malam dengan hidangan khas Roma.

Kontributor:
Bangkit Aditya Wiryawan

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar