Kenal Lebih Dekat dengan Hanun, Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP yang Kuliah di Korea Selatan

Posted by Admin

Maret 18, 2024

Semarang, (18/03) – Sebagai salah satu impian bagi banyak mahasiswa di Indonesia, kuliah di luar negeri merupakan pencapaian yang sangat membanggakan. Hal ini tidak hanya memperluas wawasan akademis, tetapi juga memberikan pengalaman hidup yang berharga. Baru-baru ini, salah satu mahasiswi dari Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (UNDIP), Hanun, membagikan ceritanya.

Bernama lengkap Nabila Hanun Nurrizky Fitria, mahasiswi yang sering disapa dengan Hanun ini, merupakan angkatan 2021 dari Program Studi Ilmu S-1 Komunikasi FISIP UNDIP. Dengan semangat yang tak pernah padam dan dukungan dari dosen serta keluarganya, Hanun berhasil meraih kesempatan untuk menempuh program pertukaran pelajar atau Student Exchange di salah satu Universitas ternama di Korea Selatan yaitu Chung-Ang University.

Universitas Chung-Ang sendiri merupakan kampus swasta yang telah mendunia. Kampus ini merupakan almamater dari banyak jajaran cendikiawan dan artis negeri ginseng tersebut. Dari dunia hiburan Korea Selatan, tentu nama-nama aktris dan aktor seperti Kim Soo-hyun, Park Shin-hye, pemeran Kapten Ri di drama Crash Landing on You, Hyun Bin, serta pemeran Kang Mi Rae di Gangnam Beauty, Im Soo-hyang, merupakan alumni dari kampus ternama ini.

Hanun mengungkapkan bahwa dirinya bisa mengikuti program Student Exchange dan menjalani kuliah di Chung-Ang University, Korea Selatan karena dirinya mengambil perkuliahan jalur IUP dari FISIP UNDIP. IUP atau International Undergraduate Program adalah sebuah kelas khusus yang diperuntukkan kepada mahasiswa Internasional maupun mahasiswa dalam negeri yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Kelas pada program internasional ini menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, sehingga para mahasiswa akan siap untuk menghadapi pengalaman internasional. Selain itu, mahasiswa di kelas IUP FISIP UNDIPwajib mengikuti Student Exchange, yang memungkinkan mereka untuk berkuliah selama 1 semester di salah satu kampus luar negeri pilihan mereka. Dalam program ini, course yang diambil oleh mahasiswa IUP FISIP UNDIP di luar negeri akan di konversi ke mata kuliah di Indonesia, sehingga nilai mereka otomatis terekam.

Hanun mengungkapkan ada banyak sekali hal yang sangat mengesankan kala dirinya mengikuti Student Exchange di Chung-Ang University, Korea Selatan. Dimulai dari Hanun yang bergabung ke Art Club, memeriahkan Indonesian Festival hingga berkesempatan untuk berpartisipasi di Manage a Global Fair. Hanun juga merasakan pengalaman baru untuk dirinya ketika berkesempatan mengikuti Real Life Experience of K-Culture, serta saat menikmati Dormitory Trip.

Of course, the whole 5 months was really life changing for me, karena kapan lagi aku bisa explore a big city alone and also get the chance to enhance my knowledge, grow connection and learn new cultures with a lot of students here”, ucap Hanun.

Selain hal tersebut, Hanun mengungkapkan bahwa dirinya merasa nyaman dengan Study Environment di Chung-Ang University sebab pelajar di Korea Selatan sana sangat ambisius. Hal itulah yang menjadi motivasi bagi Hanun untuk punya study spirit yang sama dengan mereka. “Overall I Really Love my CTS Journey, If I could two words for it, Super Amazing”, ujar Hanun saat menutup pembicaraan.

Melalui pengalamannya, Hanun mengingatkan kita semua bahwa pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan kepada diri sendiri. Dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dan berani menghadapi tantangan, kita semua dapat meraih impian yang kita inginkan, termasuk meraih pendidikan di luar negeri. Semoga kesuksesan Hanun ini menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda Indonesia yang akan datang.

Bagi Anda yang tertarik untuk lebih mengetahui mengenai International Undergraduate Program di FISIP UNDIP dapat mengakses informasi melalui link ini atau dapat langsung mengunjungi bagian Penerimaan Mahasiswa Baru di sini. Mari raih kesempatan dan pengalaman global melalui program International Undergraduate Program, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro. Kami tunggu kehadirannya di kelas IUP, FISIP UNDIP.

Kontributor: Dewa

@ilkomundip Masuk ILKOM UNDIP bisa ikut kuliah di KOREA SELATAN?! 🫣🤯🫶🏻❤️ Yes! Bener banget! Prodi S1 Ilmu Komunikasi Undip membuka kelas International Undergraduate Program (IUP), yang memberikan kamu international exposure and relation, mencetak lulusan berkompetensi dan berdaya saing global. Salah satu program yang ditawarkan adalah Student Exchange/Credit Transfer System (CTS) yang memfasilitasi mahasiswa untuk berkuliah di Universitas Mitra Undip di Luar Negeri, seperti Korea Selatan, Belanda, Taiwan, Malaysia, Hungary dan masih banyak lagi! Kak Hanun sudah merasakan keseruan StuDex ke Korea Selatan nih. Sekarang, giliran kamu! 🤩⚡️☃️ #studentexchange#iupundip#fisipundip#ilkomundip#ilkom#undip#iup #international #intenationalstudent#southkorea#umundip#ujianmandiri#snbp #snbt#campuslife @iup.fisip.undip @hmps_commundip @teguh.yuwono @fisipundip.official @undip.official ♬ original sound – Prodi S1 Ilmu Komunikasi Undip

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar