Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) di Desa Ponggok Kabupaten Klaten dalam rangkaian kegiatan Pengabdian UNDIP kepada Masyarakat

Posted by Inayah

November 3, 2022

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) melakukan kunjungan ke Desa Ponggok, Kabupaten Klaten. Pada kunjungan ini, Tim mengusung tema “Pendampingan Digitalisasi Produk Komoditi Desa Ponggok Kabupaten Klaten” yang merupakan bagian dari kegiatan Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM). Tim kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri dari para dosen dan juga mahasiswa yaitu Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D., Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin, Ph.D., Alvina Nadia Darmawan, Almas Zakiy Firdaus dan Uzma Syarifatul Muna S. Pada kegiatan ini, Tim Undip melakukan koordinasi bersama Kepala Desa Ponggok mengenai tujuan desa Ponggok untuk menjadi Sustainable Village dimana kegiatan kerjasama dengan para mitra merupakan fokus utama.

Desa Ponggok memiliki 4 wisata air yang mana di tahun ini, Desa Ponggok akan membuat paket wisata yang terintegrasi dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan karena Desa Ponggok juga berfungsi sebagai desa penompang untuk desa-desa di sekitarnya. “Prinsip yang digunakan dalam pengembangan Desa Ponggok yaitu dengan cara pemetaan, perencanaan, pelaksanaan dan juga berkelanjutan. Kami juga fokus dalam mengelola produk wisata dan galeri budaya”, tutur Bapak Junaidi selaku Kepala Desa Ponggok.

Kegiatan Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) ini bertujuan untuk melakukan kolaborasi antara Undip dan Desa Ponggok dalam mewujudkan branding desa dengan digital marketing melalui platform Exovillage. Kegiatan digitalisasi ini tentunya dapat memperluas jaringan pemasaran dari Desa Wisata Ponggok sebab di dalam platform Exovillage tidak hanya memasarkan paket wisata namun juga paket kebudayaan. (US-AS)

 

Sumber: undip.ac.id

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar