UNDIP Buka Kelas Internasional

Posted by Masykur

April 29, 2022

Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan global dan kemajuan teknologi. Pandemi mendorong percepatan dunia ke arah digital. Lulusan saat ini tidak cukup dibekali oleh kecakapan teknologi, tetapi dituntut pula untuk menguasai bahasa internasional bahasa Inggris untuk bersaing di level global. Selain juga membangun jejaring level nasional hingga level internasional. Untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing global, Universitas Diponegoro (Undip) memiliki program kelas internasional yakni IUP (International Undergraduate Program).

Program Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program-IUP) dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus. Kelas IUP (International Undergraduate Program) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

Dalam wawancara pada Selasa (26/4/2022), Dr. Bambang Cahyono, M.S., selaku Kepala Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Universitas Diponegoro menjelaskan Universitas Diponegoro saat ini ada 15 program studi (Prodi) yang telah membuka kelas internasional, yakni Prodi Hukum Fakultas Hukum, Prodi Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Kemudian dari Fakultas Teknik terdapat 4 Prodi yang membuka kelas internasional yakni Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Kota. Selanjutnya Prodi Sastra Inggris pada Fakultas Ilmu Budaya.

Dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membuka kelas internasional untuk 4 Prodi yakni Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik. Untuk Fakultas Sains dan Matematika terdapat 2 Prodi untuk kelas internasional yakni Biologi dan Kimia. Program studi yang membuka kelas internasional adalah yang memiliki akreditasi internasional. Dari 15 Prodi yang membuka program kelas internasional, 13 Prodi sudah berakreditasi internasional. Menyusul 2 Prodi terakreditasi internasional pada tahun 2022 ini.

Lebih lanjut, Bambang Cahyono menerangkan tentang sistem pembelajaran yang diterapkan pembelajaran berorientasi luaran (OBE) adalah pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran dimana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar contohnya prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan kualitas lulusan. Tidak diragukan lagi kualitas lulusan Universitas Diponegoro adalah lulusan yang banyak diserap dunia kerja, terbukti Undip menduduki rangking pertama versi Quacquarelli Symonds (QS) Asia Ranking 2022, lembaga pemeringkatan universitas dunia telah merilis deretan universitas terbaik di dunia untuk kategori “Graduate Employability Rankings 2022”. Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

“Terlebih dengan dengan adanya kelas internasional program Sarjana S1 IUP menjadikan kualitas lulusan menjadi lebih unggul dan berdaya saing global,” tuturnya. Ditambah pula lulusan program IUP memiliki kesempatan memperoleh double degree dari Undip dan universitas luar yang sudah bekerjasama dengan Undip.

Untuk pendaftaran Program Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program-IUP) dibuka mulai tanggal 8 Maret-9 Mei 2022. Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) meliputi Figural, Verbal, Logika, Numerik, juga Diponegoro English Test (Prediction Toefl) dan Wawancara dalam bahasa inggris.

Info lengkap tentang program IUP dapat diakses di laman pmb.undip.ac.id.(Ut-Humas)

Sumber : undip.ac.id

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar