Kompetisi Sobat Bumi 2020

Posted by FISIP

Juli 1, 2020

Pertamina Foundation menyelenggarakan program PFsains yaitu bagian dari kegiatan Pertamina Kompetisi Sobat Bumi 2020 khusus bidang inovasi implementasi energi. PFsains adalah ajang kompetisi kreativitas pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) melalui kegiatan penelitian dan/ atau praktik-praktik inovasi yang dilakukan masyarakat. Dengan semangat community based research, hasil-hasil penelitian terbaik dari para akademisi, peneliti dan masyarakat dapat menggerakan partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam pengembangan EBT menuju kemandirian energi nasional.

Kompetisi PFsains 2020 mengusung tema lnovasi Energi Baru Terbarukan (EBT) menuju Indonesia Mandiri Energi 2035. Diundang para akademisi, peneliti dan masyarakat umum baik secara individu maupun kelompok untuk berpartisipasi mengajukan karta terbaiknya. PFsains diselengarakan secara profesional kerjasama antara Universitas Pertamina, PT.Pertamina (Persero), Kemenristek-BRIN dan Praktisi Penelitian.

Tujuan dilaksanakannya PFsains adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi solusi nyata permasalahan energy bagi wilayah 3T dan daerah terisolir lainnya;
  2. Memfasilitasi implementasi prototype research dengan pendampingan dan stimulant pendanaan;
  3. Mengembangkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal dengan challenge experience dari para expert, praktisi bidang EBT dan tim profesional lainnya;
  4. Memberikan apresiasi dan stimulan dana untuk pengembangan dan implementasi teknologi/ riset pada masyarakat daerah terisolir.

Program PFsains akan dilaksanakan secara berkelanjutan agar memotivasi para peneliti lebih bersemangat dan kreatif untuk melakukan kajian-kajian inovatif dan juga dapat menemukan alternatif-alternatif baru solusi permasalahan masyarakat.

Diharapkan dukungan dari Bapak/lbu untuk menyukseskan terselenggaranya kegiatan PFsain 2020 melalui penyebar luasan informasi kepada seluruh civitas akademika, terutama dosen dan peneliti yang ada di lingkungan kampus maupun mitra kampus. Untuk informasi selengkapnya tentang program PFsains dan pendaftaran dapat di Ii hat pada alamat: bit.ly/pfsains atau www.sains.pertaminafoundation.org.

TOR PFSains Kompetisi Sobat Bumi 2020

 

sumber : https://bak.undip.ac.id

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar