7 Mahasiswa UNDIP Didelegasikan Ikut PEKSIMIDA 2018

Posted by FISIP

Agustus 2, 2018

7 Mahasiswa Universitas Diponegoro dari berbagai program studi dikirim untuk berjuang dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah. Mahasiswa tersebut terdiri dari Muhamad Yusuf peserta lomba pop putra; Tritiska Putri peserta pop putrid; Muhamad Safrul peserta dangdut putra; Rizky Amalia peserta dangdut putrid; Dewantara Umbu peserta seriosa putra; Egi Famela peserta seriosa putrid; Refila Martiana peserta keroncong putri. Mereka berhasil menyingkirkan puluhan pesaing dari seluruh fakultas di Undip. Sebelum bersaing di tingkat Universitas, mereka telah melalui proses seleksi ketat di tingkat fakultas.

Ketujuh mahasiswa tersebut berhak mewakili Undip untuk bersaing di Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) karena syarat untuk mengikuti seleksi tingkat daerah adalah mahasiswa yang mendapat juara I, II, dan III pada tingkat universitas. Apabila di tingkat daerah berhasil menduduki peringkat teratas, mereka berhak melaju di tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang di Yogyakarta menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) tahun 2018.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA dalam sambutannya merasa bangga atas terpilihnya para mahasiswa peserta Peksimida 2018 tersebut.

Prof. Zainuri menjelaskan bahwa dalam fase kali ini duta Undip harus benar-benar menjaga marwah universitas karena di kampus para peserta telah dibekali dengan kompetensi yang mumpuni sesuai bidangnya oleh dosen pendamping.

“ bukan persoalan menang ataupun kalah, tetapi jagalah atribut Undip yang membanggakan ini untuk menunjukan sebuah identitas yang terbaik dengan tetap menjaga almamater” harap Prof. Zainuri.

“Kegiatan Pekan Seni Mahasiswa tahun ini terdiri atas 15 tangkai lomba yaitu lomba lukis, komik strip, poster, fotografi, vocal group, nyanyi tunggal pop/hiburan, dangdut, keroncong, seriosa, penulisan karya sastra cerpen, lakon, puisi, baca puisi, monolog, dan tari” Jelas Direktur Kemahasiswaan Undip Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si.

Handojo menambahkan, PEKSIMIDA bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, sastra, dan seni rupa. Pekan Seni Mahasiswa Nasional diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) melalui Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI). Peserta adalah mahasiswa terpilih untuk mewakili daerah berdasarkan hasil seleksi PEKSIMIDA.

 

sumber : https://www.undip.ac.id

 

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar