Perlunya Lulusan Dibekali Skill Keprotokolan

Posted by FISIP

April 11, 2017

Mahasiswa terutama yang mengambil Prodi D3 Administrasi Perkantoran perlu dibekali dengan skill keprotokolan. Keahlian keprotokolan memberikan kemampuan yang menitikberatkan pada kemampuan merencanakan dan mengelola kegiatan resmi kenegaraan yang dihadiri oleh pejabat negara serta diselenggarakan oleh intitusi negara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Agus Naryoso, pengajar FISIP Undip saat menggelar ujian praktikum simulasi keprotokolan (11/10) di Gedung Teater FISIP Undip. Simulasi ini tidak sekedar untuk melihat tatacara pelantikan pejabat negara tetapi juga mengetahui bagaimana menyusun acara, menyiapkan properti, menjadi mc dan juga menyambut tamu negara.

Mahasiswa Peserta simulasi praktikum Keprotokolan adalah prodi Administrasi Perkantoran Universitas Diponegoro sebanyak seratus orang. “Simulasi ini sangat melatih memahami bagaimana proses sumpah jabatan dan pelantikan para pejabat itu seperti apa”, ungkap Gina Aprinta, salah satu mahasiswi Administrasi Perkantoran.

Dalam simulasi tersebut dilakukan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Mahasiswa Administrasi Perkantoran 2015 dibagi kedalam berbagai peran sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, serta pejabat-pejabat tinggi lainnya. “Simulasi tersebut pun dilakukan layaknya melakukan pelantikan dan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sungguhan seru dan asyik. “Kita jadi mengetahui bagaimana cara menyusun acara, apalagi acara kenegaraan seperti pelantikan dan sumpah jabatan Gubernur dan Wakilnya, kami mempersiapkan simulasi ini kira-kira satu bulan sampai hari H. Kesulitannya adalah bagaimana menyusun tempat duduk, layout, dan juga menyusun susunan acara, tapi semua dapat teratasi dengan baik karena panduan sudah diberikan saat materi konsep di kelas .” Tutur Rozie Winanda, salah satu mahasiswa Administrasi Perkantoran.

Menurut Desi yang juga mahasiswi Administrasi Perkantoran angkatan 2015 simulasi ini sangat menguras tenaga. Dan mempersiapkan segala-sesuatunya harus dengan sangat sempurna. “Tapi ini adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa, sehingga ketika terjun ke dunia kerja sudah mampu beradaptasi dengan baik” tambahnya.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar

Kirim Komentar