Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Mind Mapping Digital dan Microsoft 365: Temuan Penelitian Terbaru

Posted by Admin

Oktober 2, 2024

Semarang – Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian Pendidikan IPA dengan judul Using Digital Mind Mapping with Microsoft 365 to Improve Students’ Creative Thinking on Biology mengungkapkan manfaat signifikan dari penggunaan mind mapping digital berbasis Microsoft 365 dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di tingkat SMA melalui pendekatan blended learning yang mendorong pengembangan kreativitas siswa.

Penelitian ini, yang melibatkan 68 siswa dari salah satu SMA di Jakarta pada tahun 2021, membandingkan dua metode pembelajaran: kelas eksperimen yang menggunakan mind mapping berbasis Microsoft 365, dan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kreatif siswa, terutama dalam hal orisinalitas (70,3%), fleksibilitas (61,3%), dan kelancaran berpikir (30%). Penggunaan mind mapping berbasis Microsoft 365 juga terbukti meningkatkan interaksi di dalam kelas dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Teknologi Membantu Kreativitas Siswa

Mind mapping yang digabungkan dengan platform Microsoft 365, seperti OneNote, Microsoft Sway, dan Microsoft Forms, memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan ide mereka secara visual, menggunakan simbol, gambar, warna, dan bentuk yang menarik. Metode ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengatur konsep-konsep pembelajaran dengan cara yang lebih kreatif dan interaktif. Selain itu, mind mapping digital terbukti memfasilitasi diskusi dan interaksi antar siswa, serta mendorong mereka untuk berpikir secara kritis dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

Kesimpulan Penelitian

Penelitian ini menunjukkan bahwa mind mapping berbasis Microsoft 365 dapat menjadi alternatif yang efektif dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung perkembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan hasil akademik, tetapi juga keterampilan penting di abad ke-21, seperti berpikir kritis dan kreatif. Metode ini memungkinkan siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok.

Sumber: Maesaroh, M., Firdausi, J., Kartikawati, E., Irdalisa, I., & Elvianasti, M. (2023). Using Digital Mind Mapping with Microsoft 365 to Improve Student’ s Creative Thinking on Biology. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA9(9), 7258-7263.

Penelitian ini dipimpin oleh Dra. Maesaroh, M.Si., dosen Departemen Administrasi Publik di Universitas Diponegoro. Beliau mengajar pada Program S1 Administrasi Publik dengan fokus pada mata kuliah Teori Administrasi dan Organisasi. Pengabdian beliau dalam dunia pendidikan terlihat melalui berbagai penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di berbagai bidang.***

Kontributor: Dewa Dika

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar