Serah Terima Jabatan Wakil Dekan FISIP Undip: Meneguhkan Kepemimpinan Berbasis Hasta Brata

Posted by Admin

Agustus 7, 2024

Semarang (06/08) – Pada hari Selasa, 6 Agustus 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan prosesi serah terima jabatan Wakil Dekan di ruang Auditorium Gedung A Lantai 3 kampus FISIP Undip Tembalang. Kegiatan ini merupakan momen penting dalam keberlangsungan kepemimpinan Fakultas, yang menekankan pentingnya penerapan sifat-sifat Hasta Brata dalam menjalankan amanah jabatan. Hasta Brata, delapan sifat kepemimpinan yang diambil dari filosofi Jawa, menjadi pedoman utama bagi para pemimpin dan pengelola Fakultas dalam mengarahkan perjalanan FISIP Undip menuju masa depan yang gemilang.

Rangkaian prosesi dimulai dengan serah terima memori akhir jabatan oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan periode 2019 – 2024 sekaligus Pelaksana Tugas Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan periode Januari 2024 – Agustus 2024, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin kepada Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan periode 2024 – 2029, Ibu S Rouli Manalu, S.Sos, M.Comm.St., Ph.D. Serah terima jabatan ini menandai awal kepemimpinan baru yang diharapkan dapat membawa semangat baru bagi pengembangan akademik dan kemahasiswaan di FISIP Undip.

Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Wakil Dekan Sumber Daya periode 2019 – 2024 kepada Wakil Dekan Sumber Daya periode 2024 – 2029, yang ditandai dengan penyerahan memori akhir jabatan oleh Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin kepada Ibu Ika Riswanti Putranti, S.H., M.H., Ph.D. Proses serah terima ini menggarisbawahi pentingnya kontinuitas dan keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya Fakultas yang strategis.

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup serah terima jabatan Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan oleh Bapak Wijayanto, S.IP., M.Si., Ph.D., yang menjabat sebagai Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan periode 2019 – 2024 dan saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Kerja Sama Universitas Diponegoro, kepada Ibu Neny Marlina, S.I.P., M.A., yang akan mengemban tugas sebagai Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan periode 2024 – 2029.

Dalam sambutannya, Ketua Senat Akademik FISIP Undip yang diwakilkan oleh Bapak Dzuwanus Ghulam Manar, S.I.P., M.Si., selaku Sekretaris Senat Akademik FISIP Undip, menyampaikan bahwa serah terima jabatan ini merupakan hasil dari proses yang dilakukan oleh Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro terkait pengisian jabatan. “Dalam proses pengisian jabatan yang sifatnya kompetitif, kita bisa melihat bahwa rasa kompetisi itu tidak muncul di dalam kehidupan sehari-hari. Kita tetap menjadi bagian dari satu keluarga besar FISIP. Tetap guyub, tetap rukun. Dan ini adalah modal besar bagi generasi FISIP selanjutnya bahwa setiap kompetisi jabatan, pengisian jabatan, bisa kita laksanakan dengan baik. Bahkan ini bisa menjadi referensi bagi fakultas yang lain,” ungkap beliau.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, memberikan pesan kepada para Wakil Dekan dan pengelola untuk semaksimal mungkin menjalankan kepemimpinan dengan sifat-sifat Hasta Brata. Beliau menekankan bahwa seorang pemimpin harus bersifat seperti Bumi yang mengayomi dan melayani, berkarakter seperti Matahari yang memberi energi dan semangat, serta bersikap adil dan konsisten seperti Api. Pemimpin juga harus bersifat seperti Tirta/Air yang selalu membuka mata dan pikiran, serta seperti Mendung dan Angin yang menyejukkan. Selain itu, seorang pemimpin harus membawa ketenangan seperti Rembulan dan menjadi inspirasi seperti Lintang/Bintang.

Dengan penekanan pada Hasta Brata, diharapkan para pemimpin baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik, menjaga harmoni dalam lingkungan kerja, dan membawa FISIP Undip menuju pencapaian yang lebih tinggi.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar