Bupati Kendal Ikuti Yudisium ke-175 FISIP Undip: Sesi Pertama Berlangsung Penuh Inspirasi

Posted by Admin

Agustus 1, 2024

Semarang, 30 Juli 2024 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) menggelar Upacara Yudisium ke-175 (Sesi 1) pada hari Selasa, 30 Juli 2024 di Ruang Auditorium FISIP Undip Gedung A Lantai 3 Tembalang. Acara ini menjadi istimewa karena turut dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc, sebagai salah satu calon wisudawan dari Program Studi (Prodi) S2 Magister Ilmu Politik beserta istrinya, Wynne Frederica, yang juga merupakan calon wisudawati dari prodi yang sama.

Sesi pertama Upacara Yudisium kali ini dihadiri oleh calon wisudawan dari Program Studi (Prodi) S1 Sarjana Ilmu Pemerintahan, S2 Magister Ilmu Politik, dan S3 Doktor Ilmu Sosial. Menurut Laporan Kegiatan Akademik yang disampaikan oleh Ibu Wakil Dekan Sumber Daya FISIP Undip, total wisudawan pada sesi 1 ini yaitu 94 calon wisudawan yang terdiri dari 6 calon wisudawan S3 Doktor Ilmu Sosial, 15 calon wisudawan S2 Magister Ilmu Politik, dan 73 calon wisudawan S1 Ilmu Pemerintahan. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan singkat untuk para wisudawan yang hadir. “Tetaplah selalu menjadi orang yang bermanfaat untuk sesama, berbuat baik untuk semesta,” pesan beliau. Selain itu, beliau mengutip dari Ibnu Al-Mubarak RA yang mengatakan bahwa, “Mempunyai Adab (kebaikan budi pekerti) meskipun sedikit adalah lebih kami butuhkan daripada (memiliki) banyak ilmu pengetahuan.”

Dalam yudisium kali ini, Kesan dan Pesan dari Calon Wisudawan diwakili oleh Yazid Suhada Jaelani, calon wisudawan dari Prodi S1 Ilmu Pemerintahan yang juga merupakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Undip periode tahun 2023 dan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 Ilmu Pemerintahan periode tahun 2022. Dalam pidatonya, Yazid (-red) mengutip dari buku Pramoedya Ananta Toer yang sering ia baca yaitu, “Seorang terpelajar harus bisa berfikir adil sejak dalam pikiran maupun perbuatan.” Selaras dengan pesan dari Ibu Wakil Dekan Sumber Daya dirinya menegaskan bahwa, “kita di sini orang-orang terpelajar, kita di sini orang-orang terseleksi, tidak semua orang bisa masuk Undip, tidak semua orang bisa masuk FISIP. Yang pada dasarnya sebelum kita berbuat kita harus bisa berpikir adil sejak dalam pikiran maupun dalam perbuatan.”

Selanjutnya, Ibu Sulastri, S.KP., M.Kes, yang merupakan orang tua Calon Wisudawati dari Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, Kharisma Kusuma Putri Utami, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas pencapaian para calon wisudawan dan wisudawati, “Semoga ilmu yang telah ditransferkan kepada mereka menjadi bermanfaat dan tidak hanya berguna di dunia tetapi sampai akhirat.” Beliau juga berpesan kepada para calon wisudawan dan wisudawati untuk terus melanjutkan cita-cita mereka.

“Masih jauh perjuangan yang harus kalian selesaikan. Saat ini baru menempati finish yang pertama, dan selanjutnya mari kita awali untuk menuju finish berikutnya,” pungkas Beliau.

Sementara itu, Dekan FISIP Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin menyinggung beberapa hal seperti pencapaian prestasi FISIP Undip yang berhasil masuk dalam peringkat 500+ besar dunia berdasarkan QS World University Rankings, capaian sebagai Kampus No. 1 dengan alumni tercepat mendapat pekerjaan berdasarkan QS Ranking for Employability 2021-2022 dan Rangking 2 nasional serta ranking 30 dunia Sustainable university berdasarkan UI Greemetric 2020, 2021, 2022, dan 2023. Selain itu, Dr. Teguh juga memperkenalkan beberapa fasilitas di FISIP Undip seperti Aquarium Ikan Koi, Photobooth FISIP Undip World Class Faculty, Panoramic Lifts, Selasar Pro Difabel, Paris Van FISIP ACA, FISIP Aviary, PKM Student Co-Working Space, Ruang Pertemuan Mahasiswa PKM, dan Co-Working Space di sekitar lapangan Basket.

Upacara Yudisium FISIP Undip kali ini diselenggarakan dengan cukup meriah dibandingkan dengan upacara sebelumnya. Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan dari mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen di lingkungan FISIP Undip, menambah semangat dan kebahagiaan bagi para calon wisudawan serta seluruh peserta yang hadir.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar