Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip Gelar Bloodies, Wujud Nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi

Posted by Admin

Mei 20, 2024

Semarang (16/05) – Kebutuhan darah segar oleh masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI) terus meningkat. Merespon kondisi tersebut, Bidang Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan program donor darah Bloodies yang mengangkat tema “Sharing Life, Sharing Hope”. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk pengamalan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Program yang dilaksanakan di Auditorium FISIP Undip ini juga turut bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Undip dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

Kegiatan dimulai dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, Ketua BEM FISIP Undip, dan Ika Riswanti Putranti, AMd.AK., S.H., M.H., Ph.D. selaku Wakil Dekan Sumber Daya FISIP Undip. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan donor darah dan diakhiri dengan penutupan oleh master of ceremony (MC).

Dalam pembukaan acara, Uswatun Khasanah Billillah selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan Bloodies menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas bagi mereka yang membutuhkan. Ia juga berharap adanya kegiatan donor darah tersebut dapat meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap orang-orang di sekitar.

Muhammad Razan Alif Siregar, selaku Ketua BEM FISIP Undip tahun 2024 juga turut mengapresiasi para pendonor yang berkenan mendonorkan darahnya. Ia mengungkapkan bahwa meskipun donor darah bukanlah kegiatan yang rumit dan sulit, tetapi itu sangat berarti dan dampaknya bisa dirasakan bagi setiap orang yang membutuhkan.

Selanjutnya, Ika Riswanti Putranti, AMd.AK., S.H., M.H., Ph.D. selaku Wakil Dekan Sumber Daya FISIP Undip dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Bloodies, mengapresiasi Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip atas terlaksananya kegiatan Bloodies dan juga pendonor yang sudah bertekad untuk mendonorkan darahnya.

Lebih dalam lagi, Ika juga mengungkapkan harapannya, agar kedepannya Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip dapat membuat database golongan darah dari rekan-rekan civitas akademika FISIP Undip sehingga akan memudahkan jika di waktu mendatang terdapat rekan-rekan civitas akademika FISIP yang membutuhkan pendonor darah.

Memasuki sesi donor darah, antusiasme mahasiswa pun meningkat untuk berpartisipasi dengan mendonorkan darahnya. Salah satu pendonor, Wening Noorati dari Hubungan Internasional 2023 mengungkapkan bahwa ia merasa senang karena dapat berbagi terhadap sesama.

“Rasanya seneng banget yang pastinya, terus juga badannya enteng gitu dan bahagia deh bisa berbagi dengan sesama,” ungkap Wening saat diwawancarai pada Kamis (16/05).

Hingga akhir sesi ini, tercatat 35 kantong darah yang berhasil diperoleh dari para pendonor yang berasal dari FISIP Undip maupun mahasiswa dari fakultas lain selain FISIP.

Kegiatan Bloodies ditutup dengan penutupan oleh MC. Pada penutupan kegiatan tersebut, MC mewakili panitia yang bertugas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Bloodies tahun 2024 ini.

Penulis : Davino Krisna Hernawan/Hubungan Internasional 2023

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar