Tarling Bersama di FISIP UNDIP: Membangun Peradaban Islami

Posted by Admin

Maret 23, 2024

Semarang (22/03) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali menjadi saksi keharmonisan dalam beribadah dengan terselenggaranya kegiatan Sholat Isya’ dan Tarawih Bersama di Masjid Darul Ilmi FISIP UNDIP. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian acara Shalat Tarawih Keliling (Tarling) yang diinisiasi oleh Takmir Masjid Kampus (MasKam) Universitas Diponegoro, mengundang peserta dari kalangan civitas academika UNDIP selama bulan Ramadan 1445 Hijriah.

Lebih dari 300 peserta sangat antutsias mengikuti kegiatan Ramadhan ini. Beberapa bahkan menyempatkan datang lebih awal untuk dapat bertegur sapa dengan para peserta lainnya. Di tengah-tengah para peserta turut hadir Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro, beserta jajaran Wakil Rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, serta para Dekan, Wakil Dekan, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus. Mahasiswa FISIP UNDIP juga turut menikmati dan meramaikan suasana kegiatan bulan suci tersebut.

Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., PhD., serta Dekan FISIP UNDIP, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, pun turut berkesempatan menjadi Shohibul Bait pada acara Sholat Tarawih Bersama tersebut. Dalam sambutannya, Dekan FISIP UNDIP, Dr. Teguh Yuwono, tak lupa melaporkan beberapa perkembangan terkait kampus FISIP UNDIP yang kini telah menjadi kampus ternyaman dalam penyelenggaraan pembelajaran. Beliau juga mengumumkan pembentukan grup rebana baru di FISIP UNDIP sebagai upaya untuk terus memperkaya kegiatan keagamaan dan seni di kampus.

Momen yang memukau dalam kegiatan ini adalah materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Rofiq, M.A., Ketua PW DMI Jateng, yang mengangkat tema tentang Membangun Peradaban Islam. Beliau memberikan pencerahan tentang awal mula Rasulullah dalam membangun peradaban Islam di Madinah. Dalam penjelasannya, beliau menyoroti pentingnya memposisikan setiap kelompok dalam derajat yang sama, sebuah nilai yang tercermin dalam Piagam Madinah dengan 47 poinnya. Beliau menegaskan bahwa hal ini merupakan benih-benih suatu peradaban yang harus dibangun.

Lebih lanjut, Prof. Ahmad Rofiq menekankan bahwa, “Amanat Undang-Undang Dasar itu mesti bisa kita jalankan secara benar terlepas dari kepentingan-kepentingan kelompok tertentu,”

Suasana kegiatan bulan suci Ramadhan ini pun semakin kental dengan penampilan tim rebana baru yang akan segera diresmikan. Hal ini menambah semarak suasana dan menegaskan keberagaman kegiatan keagamaan yang diadopsi di lingkungan Kampus Orange.

Dengan demikian, kegiatan Sholat Tarawih Bersama di FISIP UNDIP tidak hanya menjadi wadah untuk beribadah bersama, tetapi juga sebagai momentum untuk menguatkan tali persaudaraan dan memperkaya khazanah keagamaan dan seni di lingkungan kampus. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh civitas academika Universitas Diponegoro.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar