Tumbuhkan Semangat Hijau dan Keberlanjutan Pada Mahasiswa Baru, FISIP Undip Menggelar Aksi Penanaman Pohon

Posted by Admin

Agustus 18, 2023

Tepat pada hari Jumat, 18 Agustus 2023, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar aksi penanaman pohon yang menjadi bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan program Pendidikan Karakter (Pendikar) UNDIP 2023. Dengan semangat untuk melibatkan mahasiswa baru dalam upaya keberlanjutan dan perwujudan karakter unggul, FISIP UNDIP memilih untuk menggelar kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk mengenalkan pentingnya menjaga lingkungan.

Prof. Dr. Drs. Hardi Warsono, MT, selaku Dekan FISIP Undip, menyampaikan betapa pentingnya kegiatan seperti ini dalam membangun kesadaran terhadap isu lingkungan di kalangan mahasiswa. “Melalui penanaman pohon, kami ingin menginspirasi dan memupuk semangat peduli lingkungan di kalangan mahasiswa. Setiap pohon yang ditanam adalah simbol dari kontribusi kami dalam menjaga keberlanjutan dan meningkatkan kualitas lingkungan kampus,” tutur Prof. Hardi Warsono.

Kegiatan ini tidak hanya sekedar menanam pohon secara simbolis, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang yang mendukung FISIP UNDIP dalam meningkatkan peringkatnya dalam UI GreenMetric. Dalam menghadapi tantangan lingkungan global, FISIP UNDIP memahami bahwa tindakan nyata diperlukan, bukan hanya sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, tetapi juga untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai agen perubahan yang peduli akan masa depan bumi. Dan tentunya hal ini selaras dengan UI GreenMetric serta SDGs ke 13 tentang Climate Action.

UI GreenMetric, yang dikenal sebagai peringkat universitas berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus, turut menjadi pendorong utama FISIP UNDIP untuk terus berinovasi dalam menjaga keberlanjutan. Dengan aksi penanaman pohon ini, FISIP UNDIP ingin memberikan sumbangan positif terhadap upaya global dalam mengurangi jejak karbon dan melestarikan kehidupan bumi.

Semakin banyak perguruan tinggi yang mengambil langkah serupa dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan, semakin besar peluang untuk menciptakan perubahan yang berarti. FISIP UNDIP, dengan aksi penanaman pohon ini, membuktikan komitmen mereka bukan hanya dalam mendidik intelektual, tetapi juga dalam membentuk karakter yang bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar