Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FISIP Undip: Menyemai Wawasan dan Kebijakan Kampus

Posted by Admin

Agustus 15, 2023

Semarang (15/08) – Hari kedua pelaksanaan PKKMB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip (15/7), mahasiswa baru diperkenalkan pada berbagai aspek kehidupan kampus yang penting untuk mendukung pengalaman akademik dan sosial mereka. Salah satu poin penting adalah pengenalan sistem perkuliahan dan pembelajaran di UNDIP yang didukung teknologi informasi. Mahasiswa baru diperkenalkan pada Single Sign-On (SSO), Sistem Informasi Administrasi Perkuliahan (SIAP), serta Blog UNDIP sebagai wadah informasi dan berbagi pengalaman.

Peraturan Akademik dan Tata Cara Penetapan di Lingkungan Universitas

Selanjutnya, pada hari ini juga diberikan pemahaman mengenai peraturan akademik dan sanksi yang berlaku di lingkungan universitas. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat memahami tata cara berperilaku akademik yang baik, serta konsekuensi dari suatu pelanggaran. Informasi tentang tata cara penetapan dan penerapan peraturan akademik turut disampaikan agar mahasiswa baru memahami proses dan mekanisme yang berlaku.

Pentingnya Akses Perpustakaan dan Adaptasi Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri

Akses ke perpustakaan merupakan hal yang tak kalah penting, sehingga mahasiswa baru FISIP UNDIP diberikan informasi mengenai pemanfaatan fasilitas ini. Selain itu, pentingnya adaptasi perguruan tinggi dalam era Revolusi Industri 4.0 dan 5.0 juga menjadi bagian dari materi pada hari ini. Sesi ini mengajarkan mahasiswa baru untuk siap menghadapi tantangan dan peluang yang muncul dalam perkembangan teknologi dan inovasi.

Budaya Kehidupan Kampus, Lingkungan Hidup, dan Kegiatan Kemahasiswaan

Pengenalan budaya, etika, dan norma-norma kehidupan kampus menjadi aspek penting lainnya. Mahasiswa baru diberikan pemahaman tentang bagaimana berinteraksi secara sehat dan harmonis dalam lingkungan kampus. Selanjutnya, kesadaran terhadap lingkungan hidup dan kesiapsiagaan menghadapi bencana juga turut ditekankan.

Hari kedua PKKMB juga mengulas berbagai kegiatan kemahasiswaan dan organisasi yang ada di FISIP Undip. Mahasiswa baru diberikan informasi mengenai berbagai wadah untuk mengembangkan minat, bakat, dan kepemimpinan, serta ikut serta dalam pengembangan komunitas yang beragam.

Pemberian materi kepada mahasiswa baru ini melibatkan dosen dari seluruh Departemen di FISIP UNDIP serta mahasiswa yang aktif dalam Organisasi Mahasiswa. Melalui langkah tersebut, pengenalan kehidupan kampus ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang komprehensif kepada mahasiswa baru. Kegiatan PKKMB pada hari kedua ini sekaligus mernutup rangkaian kegiatan sebelum mahasiswa baru melanjutkan ke kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) selama tiga hari berikutnya.

 

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar