REKTOR UNDIP : MAHASISWA UNDIP HARUS “COMPLETE”

Posted by FISIP

Agustus 11, 2016

pmb16Perguruan tinggi berbadan hukum (PTN-BH) tidak hanya berusaha mencetak mahasiswa yang mandiri, mumpuni serta tangguh dalam ilmu pengetahuan saja tetapi sebagai wujud jati diri yang COMPLETE

COMPLETE artinya, Communicator ( mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis) Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi dan menjujunjung tinggi kode eti), Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, kerjasama) Entrepreneur (etos kerja tinggi, ketrampilan berwirausaha, inovatif, kemandirian) Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti) Educator (mampu menjadi agen of change) hal itu disampaikan Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama saat menerima secara resmi 9.897 mahasiswa baru Undip tahun akademik 2016/2017. Upacara penerimaan mahasiswa baru berlangsung di Stadion Undip Tembalang , Senin (8/8).

Rektor menambahkan Undip didukung dengan 115 guru besar dan hampir 50% pengajar bergelar doctor serta dilengkapi fasilitas pembelajaran yang baik, menyediakan layanan pendidikan dengan kualitas keilmuan yang berkelas dunia, hal itu dibuktikan dengan banyaknya kerjasama pendidikan dengan universitas manca negara dari Eropa sampai dengan Australia dari Amerika sampe dengan Afrika”ujarnya

Undip Universitas Kasih Sayang

Undip yang hebat bukan berarti Undip tidak peduli kepada golongan tidak mampu, Undip telah meneguhkan diri sebagai bagian dari Universitas yang siap melayani mahasiswa dari golongan tidak mampu, terbukti lebih dari 20% mahasiswa golongan UKT 1 dan 2 dan lebih dari itu juga melayani mahasiswa penerima bidikmisimemperhatikan mahasiswa dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu, tetapi memiliki prestasi yang baik. Salah satu bentuknya adalah dengan mencarikan sumber-sumber beasiswa dari para mitra Undip dan lembaga donor pemberi beasiswa.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof.M.Zainuri mengatakan setelah resmi diterima, sebanyak 9897 Mahasiswa akan mengikuti Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) ini merupakan kegiatan akademik yang terdiri dari orientasi akademik, perkenalan kehidupan kampus dan program kegiatan mahasiswa yang akan diberikan dalam bentuk ceramah dan diskusi interaktif”ungkapnya

“Oleh karenanya tidak ada alasan penggunaan kekerasan fisik atau perploncoan karena tidak sesuai dengan fitrah pendidikan tinggi yang harus menumbuhkan budaya dialog, kedamaian serta menghargai pluralitas. Hal ini dimaksudkan agar kampus dapat menjadi pelopor tumbuh dan berkembangnya masyarakat sipil bercirikan azas keterbukaan, demokratis dan humanis.

Kegiatan PPMB di tingkat Fakultas/Jurusan/Prodi akan dilaksanakan mulai tanggal 9 – 10 Agustus 2016, dilanjutkan dengan program pendidikan karakter selama 3 hari.

Prof Zainuri berharap di masa orientasi ini diharapkan mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PPMB karena sangat bermanfat bagi mahasiswa nantinya dalam mengikuti kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan lainnya yang dapat menunjang proses belajar mengajar di kampus untuk meraih prestasi tinggi dan menjadi lulusan yang unggul, berbudi luhur serta peka terhadap masalah bangsa.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar

Kirim Komentar