Fisip Mengabdi 2019: Back to Society

Posted by FISIP

September 16, 2019

Fisip Mengabdi 2019: Back to Society sukses dilaksanakan pada Hari Jum’at hingga Minggu, tepatnya pada tanggal 13, 14, dan 15 September 2019 bertempat di Desa Ngadikerso, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, dengan jumlah peserta yang hadir adalah 40 orang. Terdiri dari 37 mahasiswa FISIP, dan 3 lainnya mahasiswa luar FISIP. Seluruh peserta yang dibagi menjadi 12 kelompok menempati rumah warga. 6 kelompok di Dusun Gondangan, dan 6 kelompok di Dusun Njlegong. Kegiatan Fisip Mengabdi diawali dengan pembukaan kemudian makan bersama di Balai desa, dilanjutkan dengan istirahat di rumah masing-masing.

Hari kedua peserta mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemilik rumah, yaitu berladang, menjemur kopi, ataupun memberi makan ternak. Dilanjutkan dengan mengajar di SDN 02 Ngadikerso. Siang harinya dilakukan Focus Group Discussion bersamaan dengan Cek kesehatan Gratis, yang dilanjutkan dengan kunjungan UMKM yang terdiri dari Tanaman hias, sarang lebah, dan pembuatan opak. Malam harinya diadakan acara pentas seni dari peserta sebagai penutup kegiatan di hari kedua. Hari ketiga, telah dilaksanakan pengenalan budaya dimana peserta diajarkan menari salah satu tarian khas dari Desa Ngadikerso oleh pelatih secara langsung. Disambung dengan kegiatan outbond bersamaan dengan pasar murah bersama warga masyarakat.

Kegiatan Fisip Mengabdi ditutup oleh awarding dan prakata dari Kepala desa dan tokoh masyarakat, sekaligus penutupan FISIP Undip untuk Negeri (FUN) secara simbolik. Dalam acara penutupan juga terdapat penyerahan tempat sampah dari Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi kepada pihak desa dilanjutkan pemberian plakat dan kenang-kenangan, sekaligus menjadi tanda ditutupnya kegiatan Fisip Mengabdi 2019: Back to Society.

Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar