FISIP Undip untuk Negeri Tahap I

Posted by FISIP

Mei 28, 2019

FUN merupakan salah satu program kerja dari Bidang Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Ngadikerso, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Tahun ini merupakan tahun pertama kegiatan ini dilakukan, dimana kami membina desa ini selama kurang lebih satu tahun periode kepengurusan. Fokus yang diambil dalam kegiatan ini adalah bidang ekonomi dan pendidikan. Dalam bidang ekonomi yang dilakukan adalah mengawal produksi keripik dengan memanfaatkan sayuran sebagai bahan bakunya. Dimana sayuran yang digunakan merupakan hasil dari masyarakat itu sendiri. Sedangkan di bidang pendidikan dibuat Rumah Pintar yang berisi tentang kegiatan belajar mengajar non formal bersama anak-anak yang ada disana.

Pada FUN tahap 1 ini telah tercapai beberapa hasil selama kurang lebih dari Bulan Maret hingga Bulan Juli yaitu sebagai berikut:

  • FISIP Undip untuk Negeri (FUN) dimulai sejak diadakannya pembukaan kegiatan pada Hari Minggu 24 Maret 2019, bertempat di Balai Desa Ngadikerso, Sumowono. Dengan ditandatanganinya Momerendum of Understanding dan pemotongan tumpeng secara simbolis berarti secara resmi Desa Ngadikerso desa binaan.
  • Kegiatan selanjutnya adalah Rumah Pintar (Rumpin) yang dilaksanakan pada Hari Minggu 08 April 2019, bertempat di TPA Dusun Gondangan. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Kegiatan ini berisikan kelas dongen, dan permainan-permainan sederhana. Kemudian pada pukul 16.00 WIB telah dilakukan musyawarah bersama ibu-ibu di grup arisan terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan.
  • Pada Hari Minggu 28 April 2019, telah dilaksanakan Masyarakat Cerdas Berdaya (Masceday) Tahap I bertempat di TPA Dusun Gondangan. Dalam kegiatan ini ibu-ibu dilatih bagaimana cara mengolah sayuran (sawi, daun singkong, cikri, sirih, dan rending) menjadi keripik, stick, dan pangsit. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengerti dan memahami potensi yang dimiliki, untuk kemudian dikembangkan menjadi sumber pendapat nantinya.
  • Pada Hari Minggu 12 Mei 2019, telah dilaksanakan Rumah Pintar (Rumpin) yang kedua di Dusun Gondangan, Dusun Jlegong, dan Dusun Kawedusan. Kegiatan dilaksanakan dalam waktu bersamaan yaitu mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Kali ini Rumpin dilaksanakan bersama volunteer pengajar yang sebelumnya derekruit pada tanggal 1-6 Mei 2019. Dihari yang sama pada pukul 16.00 WIB, dilaksanakan kelas diniyah dengan mengaji bersama anak-anak.
  • Pada Hari Minggu 26 Mei 2019, telah dilaksanakan MasCeday Tahap 2 yang berisikan tentang materi packaging yang disampaikan oleh saudara Badri Ilham Ramadhan. Kegiatan berlangsung sejak pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, bertempat di TPA Dusun Gondangan.

MORE FROM @FISIP UNDIP

0 Komentar