KALENDER PENERIMAAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2017

Jalur Pendaftaran Online Ujian Tertulis Pengumuman Kelulusan Pendaftaran
Ujian Mandiri PPS-PPA GASAL I 1 Feb – 25 Maret 2017 2 April 2017 15 April 2017 daftar-disable
Ujian Mandiri PPS-PPA GASAL II 14 April – 6 Juli 2017 16 Juli 2017 22 Juli 2017 daftar-disable
Ujian Mandiri PPS-PPA GENAP I 3 Sep – 6 Nov 2017 12 Nov 2017 23 Nov 2017
Ujian Mandiri PPS-PPA GENAP II 2 – 22 Jan 2018 28 Januari 2018 7 Feb 2018 daftar-disable

Ujian Masuk Pascasarjana (S2/S3) Undip Gelombang 1 Semester Genap TA 2017/2018 ini akan diselenggarakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro.

Pendaftaran UM Pascasarjana Semester Genap Gelombang 1 TA 2017/2018 akan dilakukan pada :

  • Pengambilan No Registrasi / PIN tgl 3 Sep – 6 Nov 2017​ Pukul 12.00 WIB
  • Pembayaran biaya pendaftaran tgl 3 Sep – 7 Nov 2017 Pukul 12.00 WIB
  • Pengisian formulir / Cetak Kartu Ujian tgl 3 Sep – 8 Nov 2017 Pukul 12.00 WIB

Seleksi Tes

Seleksi/Tes akan dilakukan dengan 2 tahap:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) UNDIP
  2. Test Bahasa Inggris
  3. Tes kompetensi keilmuan berupa test tertulis/wawancara sesuai program studi yang dituju (Jadwal test program studi bisa berbeda dengan jadwal test TPA dan bahasa inggris).

Persyaratan

Setiap calon peserta seleksi harus melengkapi syarat-syarat sesuai prodi yang akan diambil. Dokumen-dokumen untuk mendukung persyaratan bisa di download pada saat setelah anda berhasil GetPIN (mendapat pin) pada menu-menu program studi bagian kiri.

Verifikasi/Pengumpulan Berkas Kelengkapan

Pengumpulan berkas pendaftaran dapat dikumpulkan ke Program Studi masing-masing melalui pos/paket/datang langsung ke sekretariat Program Studi.

Pelaksanaan Test

Test ujian masuk Pascasarjana (Test TPA dan Bahasa Inggris) akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2017 Pukul 07.30 WIB – selesai.

Jadwal Ujian

Hari/Tanggal Pukul (WIB) Kegiatan
Minggu, 12 November 2017 07.30 WIB – 10.00 WIB Tes Potensi Akademik (TPA)
10.45 WIB – 12.15 WIB Bahasa Inggris
(menyesuaikan jadwal program studi) Tes Substansi Program Studi

Saat pelaksanaan ujian akan ada verifikasi, peserta dimohon menunjukkan FC ijazah yang dilegalisir, Transkrip, Identitas Diri dan kartu ujian

Biaya Pendaftaran

  • Pendaftaran Magister Rp. 750.000, (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Pendaftaran Doktor Rp. 1.000.000, (Satu Juta Rupiah)

Lokasi Ujian

Gedung ICT Centre Lantai 1 UNDIP Tembalang

Pengumuman Hasil

Hasil seleksi gelombang 1 ini akan diumumkan secara online di web ini tanggal 23 November 2017.

 

 Jika peserta pernah mengambil PIN pada gelombang sebelumnya, untuk mengikuti test pada gelombang ini harus get pin lagi. Panitia tidak memberikan toleransi terhadap kesalahan pengambilan PIN.

 

Ketentuan Persyaratan UMUM

  • Lulusan Perguruan tinggi terakreditasi
  • Foto copy ijazah S1 dan S2 beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir (lulusan LN ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
  • Daftar riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
  • Surat izin dari lembaga/instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja

Ketentuan Persyaratan TAMBAHAN

 No  Program  Syarat Tambahan
 1 Doktor Administrasi Publik
  • Foto copy ijazah S1 dan S2 beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir (lulusan LN ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
  • Daftar riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
  • Surat izin dari lembaga/instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja
  • Lulusan: S2 berbagai program studi yang terakreditasi min B dgn IPK min. 3,0
  • Rekomendasi Akademik dari guru besar/Doktor (minimal 2 orang)
  • Pra usulan penelitian (rangkap 4)
 2 Doktor Ilmu Sosial
  • Lulusan :Program studi setingkat Magister (S2) dari lembaga yang terakreditasi, dengan IPK minimal 3 (skala 1-4) dibuktikan dengan transkrip akademik yang dilegalisir
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (Pribadi/Instansi/Sponsor) diatas kertas bermaterai
  • Menyerahkan proposal riset untuk disertasi minimal 3 halaman, yang mencakup latar belakang, pokok permasalahan yang mau diteliti, dan metode penelitian
  • Rekomendasi dari dosen senior dimana dia pernah studi atau pihak lain yang dapat memberi acuan bagi calon mahasiswa
  • Pasphoto berwarna : 3 x 4 cm ( 4lbr) dan 4 x 6 cm (4 lbr)

 

Ketentuan Syarat UMUM

  • Lulusan Sarjana Strata 1 (bukan D4)
  • IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi
  • Daftar riwayat hidup/ riwayat pekerjaan
  • Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1/atasan langsung dg kualifikasi min. S2)
  • Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai yang telah dilegalisir masing-masing 1 lembar
  • Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi
  • Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja)
  • Proyeksi/Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil
  • Peserta BPPDN hanya bisa mendaftar pada kalender Semester Gasal

Ketentuan Syarat TAMBAHAN

 No  Program  Syarat Tambahan
 1 Magister Ilmu Administrasi/ Administrasi Publik
  • Lulusan Sarjana dari berbagai disiplin ilmu.
  • Surat Keterangan Jaminan Pembayaran Studi
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Pas foto 3×3, 3×4 & 4×6 masing-masing 2 lembar
 2 Magister Ilmu Politik
  • Lulusan : Semua Disiplin Ilmu
  • Memiliki IPK Minimal 2,5
  • Pas Foto berwarna 3×4 (7 lbr) & 4×6 (4 lbr)
 3 Magister Ilmu Komunikasi
  • Lulusan Semua bidang ilmu
  • Surat keterangan akreditasi dari universitas asal
  • Pas foto warna 3×4 (3 lbr) & 4×6 (5 lbr)
  • Foto dalam bentuk CD
  • Fotocopy KTP/SIM
Petunjuk Tahapan-tahapan Penting Pendaftaran Online UM Pascasarjana dan Profesi
  1. Melakukan  'get pin' / Pengambilan PIN. Hasil pendaftaran get pin calon peserta akan mendapatkan no pin yang akan digunakan sebagai bill key (kunci pembayaran) untuk membayar biaya pendaftaran di bank Mandiri, BTN dan BNI '46.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke multi payment bank Mandiri (melalui internet banking, ATM, dan teller), bank BNI'46 (melalui Teller dan ATM), atau Bank BTN (melalui teller). Tata cara pembayaran bisa di lihat di >>> 'Tata Cara Bayar'.
  3. Melakukan  'isi formulir'. Pendaftaran ini langsung bisa dilakukan setelah melakukan transaksi pembayaran di Bank (real time)Pendaftaran 'Isi formulir' tidak bisa dilakukan jika pendaftaran 'get pin'  (point 1) dan pembayaran biaya pendaftaran (point 2)  belum dilakukan. Pada Tahap ini calon peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.
    • Masukkan no pin dan password yang telah didapat pada point 1 diatas
    • Mengisi formulir untuk kelengkapan berkas. Isilah semua data yang diminta, sampai pada tahapan akhir nanti jika sudah yakin betul dengan data yang diisikan maka tekan tombol “daftar” (pada tabulasi final). Setelah menekan tombol 'daftar' maka akan muncul no peserta ujian dan kelompok ruang ujian serta menu untuk mencetak kartu peserta ujian (KPU)  yang akan digunakan pada saat verifikasi nanti.
    • Mencetak kartu. Anda bisa mencetak langsung dan atau menyimpannya. Mencetak kartu hanya bisa dilakukan ketika semua data yang diminta dalam formulir pendaftaran telah diisikan. Pastikan dulu bahwa data yang anda isikan telah benar sesuai dengan yang diinginkan termasuk yang paling penting adalah pilihan jurusan atau program studi. Setelah mencetak kartu peserta ujian, calon peserta tidak bisa mengedit kembali data yang telah diisikan.

    4. Mengikuti ujian tertulis (TPA, Bahasa Inggris, Wawancara dan/atau Ujian Tulis) dan menyerahkan berkas dokumen syarat-syarat yang diminta oleh masing-masing program studi.

    Hal-hal penting yang harus diperhatikan :

    Siapkan foto yang telah discan dalam format JPG/JPEG (uk. 30-100 kb)Data ijazah meliputi gelar dan waktu kelulusan (tanggal/bulan/tahun)Biodata diri untuk pengisian formulirPastikan semua data telah disimpan dengan baik dan jangan lupa untuk mencetak kartu ujianBerkas-berkas pendaftaran dapat dikumpulkan ke program studi S2/S3 melalui pos yang dialamatkan langsung ke program studi tujuan/ melalui panitia UM Universitas. Sedangkan peserta Program Pfofesi Dokter Spesialis harus diserahkan langsung ke program studi (tidak boleh diwakilkan). Berkas yang dikumpulkan sesuai syarat-syarat yang tercantum dalam website (berkas persyaratan dapat juga didownload setelah mendapat PIN).Saat ujian akan ada verifikasi terlebih dahulu, peserta diminta menunjukkan ijazah terakhir dan transkrip nilai kepada pengawas ujian.

a. Melalui internet banking bank Mandiri, bank BNI :

  1. Lakukan login ke Situs Bank Mandiri dengan User ID dan PIN Internet Banking Bank Mandiri Saudara. Atau langsung ke >> Sini
  2. Pada menu utama, pilih menu ‘Bayar’ kemudian pilih menu ‘Pendidikan’.
  3. Pada combo box ‘Dari Rekening’, pilih rekening Saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi.
  4. Pada combo box ‘Penyedia Jasa’, pilih 10004 Universitas Diponegoro.
  5. Masukkan 'No. PIN' (11 digit) yang telah didapat pada pendaftaran 'get pin'  pada kotak isian No_peserta/NIM/Bill_Key yang tersedia kemudian klik ‘Lanjutkan’
  6. Kemudian identitas anda akan muncul beserta biaya pendaftaran yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda (v).
  7. Jika data telah sesuai, klik tombol ‘ Lanjutkan’.
  8. Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari Token PIN Mandiri lalu klik tombol ‘Kirim’.

b. Pembayaran lewat ATM (Bank Mandiri dan BNI) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 mandiri
1. Pilih menu ‘Pembayaran’.

2. Pilih ‘Pendidikan’.

3. Masukkan kode perusahaan: 10004 (Universitas Diponegoro) kemudian tekan ‘BENAR’.

4. Masukkan No. PIN (11 digit) (sebagai bill key) yang didapat dari pendaftaran.

5. Tekan tombol ‘BENAR’.

6. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran anda kemudian tekan ‘1’ jika data telah sesuai.

7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.

8. Transaksi telah selesai.

 bni

1. Pilih menu ‘Pembayaran'

2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih 'Student Payment Center'

3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode

4. Tekan tombol ‘BENAR’.

5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.

7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.

8. Transaksi telah selesai.
Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI'46 / BTN / Mandiri / BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM UNDIP. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank.

 

Peringatan Penting: Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa melalui teller.

Program Pascasarjana (S2/S3)

Pada Program Pascasarjana tidak menggunakan Sistem UKT. Biaya studi sesuai dengan biaya pada masing-masing program studi terdiri dari :

    • Biaya SPP Per Semester
    • Biaya SPI (sumbangan Pengembagan Institusi)

 

 

MOHON MAAF PENGAMBILAN PIN PASCASARJANA & PPDS SEDANG DALAM PERBAIKAN, SILAHKAN MENCOBA KEMBALI TANGGAL 8 SEPTEMBER 2017.

Peta Lokasi Ujian Mandiri Pascasarjana 2017

TOP